Berita Jawa Timur

Polda Jatim Antisipasi Teror Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Kepolisian Daerah Jawa Timur berupaya menciptakan kondusivitas keamanan menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Polda Jatim Antisipasi Teror Jelang Natal dan Tahun Baru 2019
surya/mohammad romadoni
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepolisian Daerah Jawa Timur berupaya menciptakan kondusivitas keamanan menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Berbagai kajian telah dilakukan guna mengantisipasi  teror dan gangguan Kamtibmas selama bersangsungnya perayaan Natal dan tahun baru.

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera memaparkan, kajian itu guna menentukan skala prioritas untuk mempertebal pengaman diberbagai tempat yang beropotensi rawan teror dan gangguan Kamtibmas. Pengamanan itu akan melibatkan stakeholder pemerintah daerah setempat bersama 39 Polres jajaran di Jawa Timur.

“Kami bersama pemerintah daerah, TNI dan Polri sinergitas menjaga pengamanan perayaan natal dan tahun baru,” ujarnya di Mapolda Jatim, Kamis (13/12/2018).

Barung mengatakan, nantinya akan ada Operasi Lilin 2018 yang fokus pada pengamanan saat perayaan Natal hingga hingga tiga hari kedepannya pasca malam pergantian tahun 2019.

Sebelum melakukan gelar pasukan Ops Lilin pengamanan Natal dan tahun baru pihaknya sampai saat ini masih mempersiapkan target lokasi yang dijadikan prioritas pengamanan.

Menurut dia, adapun prioritas pengamanan yaitu tempat, orang dan jalan. Misalnya tempat di gereja orang yang beribadah dan lokasi tempat wisata serta jalan yang menjadi akses masyarakat untuk berpergian.

“Pengamanan ini menitikberatkan pada Satuan Lalu Lintas dan Sabhara,” ucapnya.

Barung menambahkan ada lokasi yang menjadi target pengaman ekstra, misalnya pengamanan tempat wisata di Batu, Malang, Bromo, Surabaya dan diberbagai kota lainnya.

“Prioritas kita semuanya, namanya target operasi (Pengamanan) tertentu, makanya tidak mungkin bisa disampaikan ke media dong,” pungkasnya.

Nantinya, sebanyak 39 Kapolres jajaran Polda Jawa Timur akan mengikuti rapat bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengenai kondisi keamanan di masing-masing wilayahnya. Rapat koordinasi bersama Kapolres seluruh jajaran itu diagendakan di gedung Mahameru Polda Jatim, Sabtu lusa.

Polres jajaran bertanggung jawab melakukan pemetaan pengamanan diberbagai tempat karena terhitung dua pekan mendatang perayaan natal akan digelar di seluruh gereja di Jawa Timur. Apalagi, menyosong tahun baru diberbagai tempat hiburan bakal ramai dikunjungi masyarakat.

"Terkait kekuatan jumla personel akan ditentukan saat gelar Ops Lilin pekan depan," imbuh Barung.

Narkoba Jenis Baru Dari Ethiopia Masuk Sidoarjo Lewat Pos

Balita di Jombang tak Sengaja Menembak Ibunya Dengan Senapan Angin Milik Bapak

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved