Jadwal Pengumuman Hasil SKB CPNS 2018 Masih Tetap 15 Desember 2018

Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih belum mengubah jadwal pengumuman hasil SKB CPNS 2018, yakni 15 Desember 2018 mendatang.

Jadwal Pengumuman Hasil SKB CPNS 2018 Masih Tetap 15 Desember 2018
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Pengumuman hasil seleksi SKB CPNS 2018 masih tetap digelar 15 Desember 2018 meski sehari sebelumnya masih ada ujian. 

SURYA.co.id | JEMBER - Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih belum mengubah jadwal pengumuman hasil SKB CPNS 2018, yakni 15 Desember 2018 mendatang.

Padahal, masih ada sejumlah daerah yang masih menggelar ujian SKB sehari sebelum pengumuman, Jumat (14/12/2018).

"Sampai saat ini belum ada perubahan, masih sesuai jadwal tanggal 15 Desember nanti. Memang masih ada yang ujian sampai H-1 pengumuman, yakni ujian besok. Kalau seperti itu kayaknya tidak bisa diumumkan pada tanggal 15 Desember. Namun semuanya tetap akan kami umumkan ke peserta, kapan pengumuman SKB. Sejauh ini masih tetap tanggal 15 Desember. Kalau ada perubahan pasti kami beritahukan," ujar Paryono, Direktur Direktur Pengawasan dan Pengendalian Bidang Gaji Tunjangan Kesejahteraan dan Kinerja BKN di sela-sela peninjauan pelaksanaan SKB di Balai Serbaguna Kaliwates, Jember, Kamis (13/12/2018).

Peserta ujian untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember adalah contoh peserta yang masih mengikuti ujian di tanggal 14 Desember atau H-1 pengumuman SKB. CPNS untuk Pemkab Jember mengikuti tes SKB di dua hari terakhir yakni Kamis (13/12/2018) dan Jumat (14/12/2018).

Terkait tingkat kelulusan, hasil dari SKB menyumbang 60 persen dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menyumbang 40 persen.

"Kalau di SKB tidak ada passing grade. Nanti kelulusan dihitung dari nilai SKD dan SKB. SKD 40 persen dan SKB 60 persen," lanjut Paryono.

Pengumuman Hasil SKD & Peserta SKB CPNS 2018 Kemenag Via Telegram, Bisa Pakai Situs SSCN Juga

Peserta dari 11 Kota dan Kabupaten Tes SKB CPNS 2017 di Jember

Ada Peserta CPNS 2018 Pemprov Jatim Kepergok Bawa Jimat saat SKD, Bagaimana Tes SKB Kali Ini?

Saat meninjau lokasi ujian SKD di Jember, Paryono bersama pihak Bareskrim Mabes Polri. Mereka melihat pelaksanaan ujian, termasuk ada tidaknya indikasi pelanggaran.

"Sejauh ini pelaksanaan berjalan baik. Kemarin memang kami ada MoU dengan Bareskrim dan Kementerian PAN-RB terkait pelaksanaan ujian CPNS 2018. Jadi pemantauan pasti melibatkan Bareskrim," tegas Paryono.

Sementara itu Analis Kebijakan Madya Bareskrim Mabes POlri Kombes Sandi Nugroho mengatakan kerjasama itu untuk mewujudkan pelaksanaan ujian CPNS yang bersih, transparan dan akuntabel.

"Tidak adanya kecurangan. Karenanya, kan kami dari semua tingkatan sudah melakukan pemantauan dari sebelum, saat pelaksaan, dan paska. Pemantauan ini untuk mendeteksi apakah ada kebocoran soal, perjokian, pemakaian jasa-jasa untuk memudahkan ujian. Termasuk bisa saja jasa dukun. Karenanya kan sebelum ujian diperiksa, dan di beberapa tempat ditemukan jimat," ujar Sandi.

Tes SKB di Jember digelar mulai 8 Desember hingga 14 Desember besok. Peserta dari 11 kabupaten dan kota mengikuti tes SKB di Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved