Lapor Cak

Hari Terakhir Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2018, Staf dan Pegawai Samsat Dilarang Libur

Semua pegawai dan Staf seluruh UPT dan Kantor Layanan Samsat seluruh Jatim tidak dilarang libur pada hari terakhir pemutihan pajak.

Hari Terakhir Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2018, Staf dan Pegawai Samsat Dilarang Libur
SURYAOnline/nuraini faiq
Antrean memanjang wajib pajak di Kantor Samsat Surabaya Timur, Kamis (13/12/2018). Pemutihan pajak kendaraan bermotor akan berakhir Sabtu 15 Desember 2018. 

SURYA.co.id |  SURABAYA - Semua pegawai dan Staf seluruh UPT dan Kantor Layanan Samsat seluruh Jatim  dilarang libur pada hari terakhir pemutihan pajak dan biaya balik nama (BBN) gratis.  

Termaauk kepala UPT dan pimpinan Kantor Samsat juga tidak dipekenalkan libur.

"Kami suruh melaporkan setiap detik suasana di kantor Samsat masing-masing. Kami suruh selfie untuk membuktikan kehadiran mereka," tegas Kabid Pajak Bapenda Jatim Purnomo Sidi, Kamis (13/12/2018).

Kehadiran para staf itu diwajibkan karena diprediksi akan banyak pemilik kendaraan yang memanfaatkan penutupan layanan pemutihan dan BBN. Meski telah dipecah kepadatan antrean dengan layanan tenda dan layanan teras, namun tetap saja diprediksi akan membeludak.

Saat ini ada sekitar 5 juta pemilik kendaraan yang menunggak pajak di Jatim. Baik kendaraan roda dua dan mobil. Total pemilik kendaraan di Jatim sekitar 17 juta kendaraan. 

Namun hingga saat ini sudah lebih dari separo yang Nunggak pajak itu memenuhi membayar pajak.

"Laporan minggu terakhir belum masuk. Tapi hingga 2 Desember lalu sudah ada 1,5 juta pemilik kendaraan memanfaatkan pemutihan," kata Purnomo. 

Hingga awal Desember lalu realisasi pembayaran pajak pemutihan melebihi potensi yang ditetapkan. Untuk pemutihan dan pembayaran pajak dari pemilik kendaraan ada potensi Rp 6,9 miliar. 

Namun, realisasinya saat awal Desember kemarin sudah Rp 22,5 miliar. Untuk biaya balik nama dari Rp 79,5 miliar sudah terealisasi Rp 124,6 miliar. Total penerimaan pajak kendaraan seluruh Jatim hingga awal Desember  Rp 412 miliar.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved