Berita Surabaya

Fujifilm Pede Bisnis Cetak Foto Masih Akan Tetap Bertumbuh

Fujifilm Indonesia yakin budaya foto dan cetak foto di kalangan masyarakat Jatim masih akan terus tumbuh meskipun saat ini memang memasuki era digital

Fujifilm Pede Bisnis Cetak Foto Masih Akan Tetap Bertumbuh
tribun jatim/Arie Noer Rachmawati
Sejumlah foto yang dipajang dalam acara Workshop Fotografi yang diselenggarakan oleh Fujifilm Indonesia di Surabaya, Kamis (13/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Fujifilm Indonesia yakin budaya foto dan cetak foto di kalangan masyarakat Jatim masih akan terus tumbuh meskipun saat ini memang memasuki era digitalisasi.

General Manager Photo Imaging Division PT Fujifilm Indonesia, Josef T. Kuntjoro menyebut, masyarakat Jatim masih menganggap cetak foto sama artinya menyimpan kenangan berharga dan menjadi aset yang bisa tahan lama.

"Karena di sini ada rasa emotional connectivity saat mencetak foto itu lebih besar dibanding upload di media sosial," tuturnya di sela-sela Workshop Fotografi di Surabaya, Kamis (13/12/2018).

Dikatakan Josef, sampai saat ini Jatim masih menjadi market leader Fujifilm untuk produk kertas foto. Penjualan kertas foto di Jatim masih menunjukkan tren positif.

"Ya memang banyak orang menganggap kalau zaman sekarang foto tidak perlu dicetak lagi. Tapi, nyatanya penjualan kami masih oke, bahkan tumbuh double digit," katanya.

Pertumbuhan double digit ini, lanjut Josef, tidak terlepas dari peranan fotografer millenial yang masih amatir.

Josef mencontohkan, banyak anak muda memanfaatkan momen wisuda untuk menawarkan jasa foto.

"Ini istilahnya bisnis foto musiman karena memang bisnis fotografi sampai sekarang masih menjanjikan untuk digarap," jelasnya.

Adapun jenis kertas foto Fujifilm yang banyak digunakan fotografer amatir ialah tipe 80. Selain tipe 80, ada pula maxima, pearl, dan silky.

"Tapi sejauh ini penjualan terbesar memang di jenis kertas tipe 80 dan itu kontribusinya sampai 80 persen," terangnya.

Josef menambahkan, ke depannya, Fujifilm berencana akan terus melakukan riset dan pengembangan terhadap produknya.

"Kami juga akan selalu beradaptasi dengan tren perkembangan teknologi yang ada," tambahnya.

Tags
Fujifilm
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved