Lapor Cak 

15 Desember 2018 Pemutihan Kendaraan Jatim Berakhir, Samsat Buka Layanan Tenda dan Lapak Khusus 

Menjelang berakhirnya layanan pemutihan denda pajak dan bea balik nama (BBN) gratis, Sabtu 15 Desember 2018, ribuan pemilik kendaraan memadati loket.

15 Desember 2018 Pemutihan Kendaraan Jatim Berakhir, Samsat Buka Layanan Tenda dan Lapak Khusus 
SURYAOnline/nuraini faiq
Antrean memanjang wajib pajak di Kantor Samsat Surabaya Timur, Kamis (13/12/2018). Pemutihan pajak kendaraan bermotor akan berakhir Sabtu 15 Desember 2018. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang berakhirnya layanan pemutihan denda pajak dan bea balik nama (BBN) gratis, Sabtu 15 Desember 2018, ribuan pemilik kendaraan memadati loket dan tempat-tempat pembayaran Kantor Samsat dan Drive Thru. Bahkan Samsat corner juga dipadati wajib pajak. 

Pantauan surya.co.id di Kantor Samsat Surabaya Timur atau Kantor Samsat Manyar, ratusan pemilik kendaraan memadati loket pembayaran. Tidak hanya di dalam kantor Samsat, di teras kantor layanan ini juga sudah dibuka sejak layanan pemutihan. 

"Sejak Senin kemarin layanan loket di teras dibuka. Namun hari ini memang begitu banyak yang datang. Jumat (14/12/2018) besok pasti akan lebih banyak yang datang," prediksi Administratur Kantor Samsat Surabaya Timur Bambang Sutikno, Kamis (13/12/2018).

Diperlukan waktu hingga 30 menit hingga 1 jam saat antre panjang di Teras Kantor Samsat. Satu loket yang dibuka terus dibanjiri pemilik kendaraan.

Sedang enam loket di dalam Kantor Layanan samsat juga dipenuhi warga yang hendak mengajukan pemutihan. 

 "Saya sengaja izin dari tempat kerja untuk nyuratkan mobil. Lumayan telat setahun tidak kena denda pajak. Wajar antre setengah jam," kata Edi Mulyanto, salah satu pemilik kendaraan yang tinggal di Tambaksari. 

 Edi rela antre bediri memanjang di teras kantor. Layanan di teras kantor ini bagian dari memecah membeludaknya pemohon pemutihan dan BBN. Kantor Samsat Manyar ini termasuk yang paling banyak diserbu pemilik kendaraan. 

Namun untuk layanan BBN ini hanya berlaku untuk pemilik kendaraan yang beralamat di areal Surabaya Timur, terutama untuk pendaftaran BBN gratis baik mencabut berkas maupun menerima berkas kendaraan. 

Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim Purnomo Sidi menuturkan bahwa kantornya melalui Kepala Bapenda telah meminta semua UPT dan Kantor Samsat membuka layanan hingga berkas tertangani. Pemohon pemutihan dan BBN harus dilayani semua. 

"Kami tetap akan layani hingga hari terakhir layanan pemutihan dan BBN ditutup. Sampai malam pun akan dilayani," kata Purnomo.

Pengalaman tahun-tahun sebelumbya layanan hingga pukul 20.00 masih berjalan. Untuk mengurai membeludaknya antrean pemohon pemutihan dan BBN, semua Samsat diminta membuka layanan ekstra. 

Bisa membuka layanan di teras Kantor Samsat atau membuka layanan tenda khusus, termasuk di Samsat Surabaya Timur akan dibuka layanan tenda atau lapak di depan Kantor Bependa Jatim. 

Petugas akan membuka dua tenda layanan di depan kantor Bependa Jatim itu. Satu layanan khusus untuk semacam Drive Thru mobil dan satu tenda untuk pemohon pemilik kendaraan roda dua. Layanan lapak ini untuk memecah antrean di dalam Kantor Samsat.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved