Berita Surabaya

Musim Hujan, Petani Gadaikan Traktor dan Perhiasan Emas

Pegadaian wilayah Jatim mengklaim saat memasuki hujan banyak petani yang menggadaikan emas dan traktornya untuk membeli bibit dan pupuk.

Musim Hujan, Petani Gadaikan Traktor dan Perhiasan Emas
surya/sugiharto
Petugas melayanai nasabah pegadaian. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

SURYA.co.id | SURABAYA - Pegadaian wilayah Jatim mengklaim saat memasuki hujan banyak petani yang menggadaikan emas dan traktornya untuk membeli bibit dan pupuk.

"Saat musim hujan atau Desember ini pinjaman dari sektor petani akan meningkat terutama di daerah yang menjadi basis pertanian di Jatim seperti Madura, Jember dan Madiun," ujar Pimpinan Wilayah Pegadaian Jatim, Hermawan Aries Andi di Surabaya, Rabu (12/12/2018).

Hermawan menyebut, emas dan traktor memang sering digunakan petani untuk meminjam biaya produksi sawah mereka ketika masuk masa panen.

Jumlah uang yang diajukan sebagai pinjaman biasanya rata-rata mencapai Rp 15 juta - Rp 20 juta untuk dua sampai tiga bulan masa pinjaman.

"Kalau prediksi penyaluran pinjaman ke petani Desember ini masih belum tahu karena turunnya musim hujan tahun ini tidak sama seperti tahun sebelumnya yang sedikit terlambat," katanya.

Sedangkan untuk Surabaya dan sekitarnya, kata Hermawan, tidak begitu terpengaruh dengan musim hujan.

Menurutnya, masih sama dengan bulan-bulan biasanya dan kondisi tersebut tidak berubah meski mendekati momen Natal dan tahun baru.

"Musim hujan tidak pengaruh di Surabaya tapi kalau khusus Jember dan Madiun pada musim hujan seperti ini bisa jadi trigger untuk dorong pinjamannya," ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini Pegadaian wilayah Jatim sudah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 12 triliun dari target tahunan Rp 14 triliun.

"Kalau di akhir tahun banyaknya petani yang pinjam untuk musim tanama, ini kami optimis sisa bulan ini realisasi akan tercapai," pungkasnya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved