ISEF 2018

Menko Perekonomian Darmin Nasution Sebut Tumbuhnya Sektor Riil Kunci Percepatan Ekonomi Syariah

Menteri Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution mengungkapkan ekonomi syariah dapat berkembang cepat, apabila sektor riilnya baik.

Menko Perekonomian Darmin Nasution Sebut Tumbuhnya Sektor Riil Kunci Percepatan Ekonomi Syariah
surya.co.id/sugiharto
Menteri Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution dalam pembukaan ISEF 2018 Grand City Mall, Selasa malam (11/12/2018). Darmin Nasution mengungkapkan percepatan pertumbuhan ekonomi syariah tergantung pertumbuhan sektor riil. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menteri Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution mengungkapkan ekonomi syariah dapat berkembang cepat, apabila sektor riilnya berkembang baik.

Sektor riil yang dimaksud ini di antaranya pembangunan infrastruktur, reforma agraria, serta pendidikan dan pelatihan vokasi termasuk di kalangan pondok pesantren.

"Dalam kaidah ekonomi ini disebut strategi supplay side bukan demand side. Supplay side ini mengurusi kapasitas masyarakat," ujarnya saat sambutan pembukaan ISEF 2018 di Grand City Convention Hall Surabaya, Selasa (11/12/2018).

Dia mengungkapkan, pembiayaan kredit syariah di Indonesia ini sebenarnya tumbuh pesat, tetapi dalam beberapa tahun ini mandeg setelah mencapai 5 persen.

Menurutnya, permasalahannya bukan terletak pada pembiayaan syariah, melainkan pada perlambatan pertumbuhan sektor riil syariah.

"Kondisinya bukan di pembiayaan itu sendiri sebab perbankan kita cukup siap melainkan sektor riilnya yang lambat," tuturnya.

Maka dari itu, lanjut dia, diperlukan strategi dan upaya untuk mendorong sektor riil tersebut yakni dari logistik maupun infrsatruktur yang memadai.

"Kita tidak hanya mendorong dari sudut perbankan syariahnya saja, tetapi juga mendorong kegiatan berbasis syariah karena ini adalah kunci percepatan keuangan ekonomi syariah di Indonesia," lanjutnya.

Apabila hal ini dilakukan secara bertahap, lanjut dia, percepatan keuangan syariah di sektor riil tersebut dapat segera tercapai.

"Kalau kita bisa membangun itu, maka pembiayaan syariah dapat meningkat dan kebutuhan syariah misal seperti pakaian muslim juga ikut meningkat," pungkasnya.

Penulis: Arie Noer
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved