Berita Jombang

Kebakaran Universitas Darul Ulum Jombang, Terungkap Pintu Gedung yang Terbakar Tidak Terkunci

Diketahui pintu ruangan untuk masuk ke gedung Advance Lecturing Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang yang terbakar tidak terkunci.

Kebakaran Universitas Darul Ulum Jombang, Terungkap Pintu Gedung yang Terbakar Tidak Terkunci
surya/sutono
Kebakaran gedung Advance Lecturing Universitas Darul Ulum Jombang, Senin (3/12/2018) malam. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Titik terang guna mencari penyebab kebakaran gedung Advance Lecturing Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Senin (3/12/2018) malam mulai memperlihatkan titik terang.

Setelah Polres Jombang memeriksa 14 saksi, diketahui pintu ruangan untuk masuk ke gedung tersebut dalam kondisi tidak terkunci.

"Berdasarkan keterangan para saksi, saat kejadian kondisi ruangan tidak terkunci. Ada yang bagian bawa kunci, tugasnya memang membuka dan menutup kunci itu," terang Kasatreskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi, Senin (10/12/2018).

Dikatakan Gatot, sudah 14 saksi yang diinterogasi terkait insiden yang menghanguskan seluruh ruangan di dua lantai, yakni lantai 2 dan 3 tersebut.

“Terdiri dari satpam ada 5 orang, selebihnya mahasiswa, dosen, pesuruh,“ bebernya

Disinggung mengenai dugaan sabotase atau kesengajaan dalam kejadian itu, Gatot belum bisa memberikan kesimpulan.

Sebab, untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran itu, acuannya ada pada hasil uji laboratorium dan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) tim Labfor Polda Jatim.

“Antara dibakar dan terbakar semuanya bisa terjadi. Tapi dasarnya dari hasil pemeriksaa Labfor. Sebab secara ilmu dan tehnologi, itu tidak bisa dibohongi. Jadi kita tunggu hasil dari Labfor Polda Jatim,“ kilah Gatot.

Gatot juga mengungkapkan, hasil identifikasi di TKP terkait sumber api yang diduga berasal dari ruangan dekan FKIP di lantai 2.

Api begitu cepat menjalar ke seluruh ruangan dua lantai itu, karena sebagian besar material ruangan berbahan dasar kayu dan tripleks.

“Dari keterangan saksi, api berasal dari ruangan Kaprodi (Kepala Program Studi), Pak Dimas, bukan dari ruangan dekan, seperti diperkirakan sebelumnya. Api cepat merembet karena sekat ruangan dan langit-langit dari tripleks,“ jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda gedung Advance Lecturing Undar Jombang, Senin malam (3/12/18).

Sejumlah ruangan dari dua lantai, yakni lantai 2 dan 3 jadi arang.

Kobaran api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian setelah delapan mobil tangki air dan mobil pemadam kebakaran.

Dua lantai yang terbakar itu, lantai dua dan tiga, digunakan kantor dan perkuliahan FKIP dan Fisipol.

Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materi mencapai miliaran rupiah.

Selain membakar ruangan berikut komputer dan monitor, api juga membuat menghanguskan ratusan buku, ijazah yang belum diambil pemilik dan dokumen penting lain.

Penulis: Sutono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved