Berita Surabaya

Komisi B Akan Anggil Tim Seleksi Direksi PDPS, Usulkan Ada Terobosan Cari Calon yang Kredibel

Proses fit and proper test direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) mendapatkan sorotan dari Komisi B DPRD Kota Surabaya.

Komisi B Akan Anggil Tim Seleksi Direksi PDPS, Usulkan Ada Terobosan Cari Calon yang Kredibel
SURYA.co.id
Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya Baktiono 

SURYA..co.id | SURABAYA - Proses fit and proper test direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) mendapatkan sorotan dari Komisi B DPRD Kota Surabaya.

Pasalnya Komisi B DPRD Kota Surabaya meragukan hasil rekrutmen yang dilakukan oleh tim seleksi. Mereka khawatir output yang dihasilkan dari rekrutmen direksi kali ini tidak optimal dan tidak mampu membawa kebaikan untuk PDPS.

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya Baktiono mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat pekan depan akan memanggil tim seleksi untuk hearing di DPRD.

Menurut politisi yang tergabung dalam Fraksi PDIP ini, pihakya telah sepakat untuk mengundang semua pihak yang terkait dengan panitia seleksi direksi PDPS. Komisi B ingin mengetahui sejauh mana kinerjanya.

"Kita tahu, sebelumnya rekrutmen gagal terus tanpa kesimpulan dan evaluasi yang jelas, sehingga digelar lagi, sementara anggarannya terpakai terus, makanya kami butuh keterangan dan penjelasan langsung," katanya, Sabtu (8/12/2018).

Baktiono menyebut lebih dua tahun direktur utama PDPS kosong dan rekrutmen coba digelar namun gagal. Padahal Surabaya adalah kota metropolitas yang pasar tradisionalnya seharusnya menjadi percontohan. Terlebih, nama Kota Surabaya diperhitungkan dunia lantaran wali kotanya adalah presiden UCLG.

Tidak hanya itu, Baktiono juga menegaskan jika pihaknya juga akan mempertanyakan soal Bawas yang posisinya ditempati oleh Rusli Yusuf mantan politisi Partai Demokrat, yang dinilai sangat kental politisnya.

"Karena kami masih ragu jika dia Rusli Yusuf Ketua Bawas itu benar-benar bukan lagi anggota partai, meskipun dikabarkan telah mengundurkan diri," tegasnya.

Baktiono mengtakan, dengan pengalaman buruk selama ini, ia mengatakan butuh ada terobososan. Ia menyarankan sebaiknya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berani membuat inovasi dengan cara direct atau close recuritmen.

Yaitu dengan cara melamar sosok yang kredibel untuk posisi Direksi di PD Pasar Surya, karena sistem seleksi terbuka saat ini tidak pernah membawa hasil yang baik.

"Jadi tidak perlu lagi ada pansel, lha wong buktinya gagal terus, contoh saja, kalau perlu kita melamar Tanri Abeng, itu kalau dia mau, bila perlu juga melamar mantan presiden Intermilan (Eric Tohir), itupun juga kalau dia mau, artinya merekrut orang-orang yang betul-betul kredibel, nggak usah naggung jika untuk perbaikan ke depan," tandasnya.

Baktiono berharap, direksi PDPS dijabat oleh sosok yang benar-benar kredibel dan dikenal, karena perusahaan milik Pemkot ini juga membutuhkan kepercayaan di dunia pasar baik yang tradisional maupun modern.

"Kepercayaan itu akan mudah didapat, manakala sosok yang duduk di jabatan direksi itu adalah mereka yang sudah dikenal dan kredibel di bidangnya, bukan asal lulus seleksi apalagi asal comot berdasar suka dan tidak suka," pungkas Baktiono.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved