Berita Surabaya

Jumlah Belum Standar, Satpol PP Surabaya akan Rekrut Personel Baru

Irvan menuturkan saat jumlah personel Satpol PP Surabaya yang aktif standby di markas saat ini hanya 520 orang.

Jumlah Belum Standar, Satpol PP Surabaya akan Rekrut Personel Baru
Surya/Samsul Hadi
Ilustrasi Satpol PP 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Irvan Widyanto, menyebut pihaknya membutuhkan personel Satpol PP tambahan. Sebab menurutnya, jumlah personel Satpol PP Kota Surabaya saat ini masih di bawah standar.

Irvan menuturkan saat jumlah personel Satpol PP Surabaya yang aktif standby di markas saat ini hanya 520 orang.

"Itu pun berkurang sebanyak 150 rang untuk yang sehari-harinya berjaga di kecamatan dan juga di kelurahan," kata Irvan, pada Surya, Jumat (8/12/2018).

Lebih lanjut, Irvan mengatakan, ia memiliki hitungan dan perbandingan jumlah personel Surabaya dibandingkan dengan wilayah di daerah lain begitu timpang.

Dibandingkan dengan DKI Jakarta yang wilayahnya 1,5 kali dari Surabaya saja, jumlah personel Satpol PP nya berjumlah 3.000 orang. Sedangkan di Kota Pahlawan bahkan tidak sampai 600 orang.

Irvan menyebut, di kebutuhan personel Satpol PP di setiap titik untuk berjaga tidak bisa disamakan. Misalnya di Pasar Wonokromo, tidak cukup hanya 10 orang saja yang diterjunkan untuk menjaga.

"Apalagi kalau di wilayah yang memang sedang kita jaga, karena ada penertiban. Minimal ya jumlahnya harus sama dengan yang dijaga. Kalau lebih sedikit ya mereka tidak keder," ujarnya Irvan.

Untuk menjaga dan melakukan tindakan preventif dan jika ada potensi kerusuhan maka Satpol PP yang diterjunkan jumlahnya harus lebih banyak. Khususnya untuk melakukan tindakan persuasif.

Oleh sebab itu, Irvan berharap ada penambahan di tahun 2019 mendatang. Terutama yang tenaga PNS. Sebab dari 520 personel Satpol PP hanya 142 orang yang merupakan tenaga dari PNS.

"Kita sudah sampaikan perbandingan, urgensi penambahan personel. Ditambah atau tidak saya sih menyerahkan ke DPRD saat penyusunan anggaran kemarin," pungkasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved