Sosok

Potret Rafiqa Amalia, Berbagi Ilmu dengan Mengajar

Rafiqa Amalia menjadi dosen bahasa Jepang di Politeknik Pelayaran Surabaya, dan terkadang menjadi dosen tamu Public Speaking di Unipdu Jombang.

SURYA.co.id | SURABAYA - Berbagi ilmu menjadi potret yang paling disenangi sosok satu ini. Apalagi, jika ilmu yang dibagi merupakan sesuatu yang ia cintai pula.

Rafiqa Amalia (31), yang kini aktif sebagai presenter berita berbahasa Jawa di stasiun televisi lokal itu mengaku sangat menyukai Bahasa Jepang dan budayanya.

Ia pun menjadi dosen bahasa Jepang di Politeknik Pelayaran Surabaya, dan terkadang menjadi dosen tamu Public Speaking di Unipdu Jombang.

Mantan atlet renang ini menyebut ia dan bahasa Jepang tak terpisahkan.

"Dari kecil saya memang minat di bahasa Jepang, meskipun waktu SMA disuruh orang tua masuk IPA. Tapi saya tetap minta les bahasa Jepang, karena waktu itu yang bisa Bahasa Inggris sudah banyak," ujarnya, Kamis (6/12/2018).

Kecintaannya terhadap budaya Jepang bermula ketika ia melihat dorama (drama TV atau sinetron) yang dibintangi oleh Takuya Kimura, dan terpengaruh kakak perempuannya yang suka anime.

Ia juga kagum pada budaya disiplin dan integritas yang dimiliki orang Jepang.

Usai menamatkan pendidikan di jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya (Unesa), perempuan yang akrab disapa Fiqa itu mantap menjadi dosen.

"Prinsip saya, lebih baik jadi orang berguna dari pada sekadar menjadi hebat. Makanya saya suka jika ilmu yang saya miliki, bisa berguna bagi orang lain melalui mengajar," jelas penyandang gelar Favorit Yuk Gresik 2006 tersebut.

Fiqa menambahkan, belajar bahasa asing sebenarnya tidak sulit, yang penting harus memiliki minat terlebih dahulu.

"Harus diawali dengan minat. Lalu karena bisa berbahasa itu ada faktor kebiasaan, jadi bahasa tersebut harus sering-sering digunakan, bisa melalui berbicara, membaca, mendengar atau menulis," tandas penggemar aktor Johnny Depp itu.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved