Berita Pelindo III

Pelindo III mulai Operasikan Pusat Kontrol Pelabuhan, Integrasikan Sistem Internal dengan Eksternal

PT Pelindo III meresmikan Port Operations Command Center (POCC) atau pusat kontrol operasional pelabuhan.

Pelindo III mulai Operasikan Pusat Kontrol Pelabuhan, Integrasikan Sistem Internal dengan Eksternal
foto: istimewa
Pelindo III mulai Operasikan Pusat Kontrol Pelabuhan guna mengintegrasikan sistem internal dengan eksternal 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pelindo III meresmikan Port Operations Command Center (POCC) atau pusat kontrol operasional pelabuhan untuk pelayanan kapal dan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (6/12/2018).

POCC tersebut beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari seminggu dan diperkuat oleh 64 operator yang bekerja secara terjadwal.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Hernadi Tri Cahyanto,

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Dwi Budi, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, dan CEO Regional Jatim Pelindo III Onny Djayus, serta para pengguna jasa.

Putut Sri Muljanto mengatakan bahwa POCC akan dikembangkan secara bertahap, POCC yang meliputi wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Gresik tersebut menjadi pilot project. Ke depannya akan dibangun POCC di seluruh regional pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.

"Agar manfaat efisiensi dari peningkatan produktivitas operasional melalui integrasi teknologi seperti POCC bisa juga dirasakan merata oleh para pengguna jasa di pelabuhan-pelabuhan lainnya. Jadi semangatnya tetap, yaitu inovasi untuk efisiensi biaya logistik nasional," harapnya.

Fungsi POCC ialah mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dan lainnya, dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan).

"Jadi pada intinya POCC akan mengintegrasikan sistem-sistem internal dan eksternal, agar saat ada unusual condition yang mungkin terjadi di operasional pelabuhan yang sangat kompleks ini, ada sentuhan intelegensia manusia yang selalu siaga di pusat kontrol untuk memberikan solusi dengan cepat dan tepat," ungkapnya.

Hernadi Tri Cahyanto menyambut baik adanya POCC, terutama karena telah menyambungkan Sistem Inaportnet besutan Kementerian Perhubungan dengan sistem aplikasi internal Pelindo III.

"Ke depannya masih ada beberapa bagian lain yang akan terus dikembangkan dan disambungkan lagi agar semakin powerful," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved