Berita Surabaya

Lulus SKB, Peserta Seleksi CPNS Bisa Langsung Melakukan Pemberkasan. Ini Jadwalnya

Peserta tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang lulus akan langsung melakukan pemberkasan CPNS. Kapan Jadwalnya?

Lulus SKB, Peserta Seleksi CPNS Bisa Langsung Melakukan Pemberkasan. Ini Jadwalnya
Instagram/kemenag_ri
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peserta tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang lulus akan langsung melakukan pemberkasan CPNS. Tes tahap kedua setelah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini serentak digelar di Jatim mulai 6-9 Desember 2018.

"Setelah peserta dinyatakan lulus pada tes SKB itu kemudian mereka akan melalukan pemberkasan. Mereka akan dinyatakan sebagai calon CPNS. Ditunggu saja ketentuan BKN besok bagaimana," kata Kepala BKD Jatim Anom Surahno, Kamis (6/12/2018).

Sama dengan daerah, Pemprov Jatim juga menggelar tes SKB mulai Kamis tadi. Tes digelar di beberapa tempat termasuk di Kantor Regional BKN II di Waru Sidoarjo. Mereka mengerjakan tes dengan sistem Computer Assiste Test (CAT).

Total peserta tes SKB untuk menjadi calon pegawai Pemprov Jatim itu sebanyak 4.078 peserta. Mereka akan berebut 2.065 kursi CPNS.

Dari jumlah 4.078 peserta tes SKB tersebut didominasi Tenaga guru dengan peserta 1.865. Kemudian Tenaga kesehatan sebanyak 1.237 dan Tenaga teknis 976.

Anom mengaku belum tahu persis waktu pengumuman hasil tes kedua tersebut. Sebanyak 2.065 formasi disediakan untuk diperebutkan setiap orang.

Hal yang sama juga terjadi di Kota Surabaya. Sebanyak 442 formasi CPNS mulai Kamis pagi tadi diperebutkan 863 peserta tes bidang. Mereka berasal dari 260 jalur umum dan 298 dari jalur cumlaude.

Sebanyak 863 peserta tes CPNS Pemkot Surabaya pagi tadi hingga sore ini mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Mereka akan memperebutkan 442 lowongan formasi CPNS.

Kepala BKD Kota Surabaya Mia Santi Dewi menuturkan bahwa tes tahap kedua ini tak ada tes wawancara. "Tes SKB ini hanya akan berlangsung dua hari berakhir besok Jumat (7/12)," kata Mia.

Tidak ada tes wawancara atau praktik dalam tes tahap kedua ini. Hanya tes tulis dengan format pilihan ganda. Namun pada tes kemampuan bidang ini disesuaikan bidang masing-masing.

Misalnya untuk bidang tenaga guru atau kesehatan Tesnya juga seputar bidang keduanya. Begitu juga jika peserta adalah peminat tenaga teknis juga akan dites sesuai bidang teknis mereka.

Tes akan berlangsung mulai pukul 08.00 ini di Gelanggang Remaja sisi Stadion Tambaksari. Sebanyak 150 komputer disediakan khusus untuk tes bidang ini. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved