Berita Mojokerto

Kasus Dugaan Pidana Pemilu di Mojokerto, Terdakwa Bantah Bagikan Uang, Kades Nono Ngaku hanya Nyawer

Kepala Desa Sampang Agung, Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Suhartono alias Nono membantah telah membagikan uang.

Kasus Dugaan Pidana Pemilu di Mojokerto, Terdakwa Bantah Bagikan Uang, Kades Nono Ngaku hanya Nyawer
SURYAOnline/Danendra kusumawardana
Kades Sampang Agung Kutorejo Mojokerto Surhatono alias Nono menjalani sidang kasus dugaan pidana pemilu di PN Mojokerto, Kamis (6/12/2018). Kades Nono membanta bagikan uang, ia mengaku hanya menyawer. 

Surya.co.id l MOJOKERTO -  Kepala Desa Sampang Agung, Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Suhartono alias Nono membantah telah membagikan uang. Nono mengaku hanya menyawer dalam acara itu.

Hal ini terungkap dalam sidang hari kedua, kasus dugaan pelanggaran pemilu di Ruang Cakra Pengadilan Negeri Mojokerto, Kamis (6/12/2018).

Suhartono alias Nono menjalani persidangan dengan agenda dakwaan didampingi penasihat hukumnya, Abdul Malik, serta puluhan pendukungnya.

Saat itu Kades Nono mengenakan kemeja biru, kacamata hitam, dan sebuah kalung yang menjuntai di lehernya.

Nono terlihat santai dengan menyandarkan punggung dan tangannya memegang pinggiran kursi. Sesekali dia menengadahkan pandangannya ke langit-langit ruangan.

Dalam sidang itu, kades Nono didakwa dengan Pasal 490 junto 282 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dengan ancaman hukuman penjara maksimal 1 tahun serta denda Rp 12.000.000 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rudy Hartono. Terdakwa diduga sengaja menggalang massa yang didominasi ibu-ibu untuk menyambut cawapres Sandiaga Uno.

Rudi menguraikan pada Jumat 19 Oktober 2018 terdakwa menyiapkan acara penyambutan cawapres nomer 2 yang dihadiri istri, ibu kandung, dan saksi serta memesan alat musik patrol.

Istri terdakwa diminta mengirim pesan ke ibu-ibu PKK agar Minggu, 21 Oktober 2018 kumpul di depan pabrik dengan berpakaian bebas untuk menyambut Sandiaga Uno.

"Nanti akan diberikan uang Rp 20 ribu," ujar Rudi saat membacakan dakwaan, Kamis (6/12/2018).

Dalam penyambutan tersebut, terdakwa juga memasang spanduk bertuliskan kata-kata sambutan dukungan.

Halaman
12
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved