citizen reporter

Kenali Dulu Masa Lalu di Museum Manusia Purba di Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran menjadi objek wisata edukasi yang menarik. Perlu juga memahami masa lalu dan merunutnya hingga masa kini.

Kenali Dulu Masa Lalu di Museum Manusia Purba di Sangiran
dokumen pribadi
Museum Manusia Purba Sangiran menjadi salah satu cara mengenali masa lalu sebagai sumber belajar tentang sejarah manusia purba.

Belum lengkap rasanya ketika berlibur ke Jawa Tengah tanpa mengunjungi salah satu museum yang menjadi situs penemuan manusia purba, yaitu Museum Manusia Purba Sangiran.

Museum Manusia Purba Sangiran ini terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen. Itu menjadi objek wisata edukasi yang menarik.

Museum Manusia Purba Sangiran dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang ramah di kantong, khususnya bagi pelajar atau mahasiswa. Biaya tiket masuk wisata edukasi ini terjangkau, yaitu Rp 5.000 serta ditambah biaya parkir Rp 2.000.

Selain biaya tiket masuk yang terjangkau, Museum Manusia Purba Sangiran ini juga dapat menjadi pilihan wisata edukasi yang cukup menarik khususnya bagi anak-anak.

Anak-anak dapat mengamati secara langsung bagaimana bentuk dan rupa manusia purba. Mereka memiliki gambaran secara nyata bagaimana manusia purba yang sebelumnya telah dijelaskan di dalam buku atau oleh guru di sekolah.

“Museum ini sangat bagus untuk anak-anak, khususnya untuk anak-anak seusia TK seperti anak-anak saya ini. Saya bisa menjelaskan gambaran awal tentang manusia purba sambil menunjukkan bagaimana bentuk nyatanya. Meskipun ada juga yang sepertinya agak takut melihat wajah manusia purba dan tengkorak tadi, tetapi mereka terlihat sangat penasaran mengamati benda-benda itu,” ungkap Liya yang membawa rombongan anak-anak TK.

Selain mengamati manusia purba, di museum ini pengunjung juga dapat mengamati berbagai fosil yang ditemukan di daerah setempat. Ada fosil gajah sangiran, buaya sangiran, bebatuan sangiran, proses pembentukan tanah sangiran, lapisan lahar volkanik hasil aktivitas Gunung Lawu yang berusia jutaan tahun, dan lain-lain.

Adanya Museum Manusia Purba Sangiran ini diharapkan dapat menjadi pilihan wisata. Jadi, itu tidak hanya sebagai tempat berlibur dan berkumpul dengan keluarga, sanak saudara, atau sahabat semata tetapi juga sebagai sarana edukasi untuk mengenal sejarah secara lebih nyata.

Ratri Mia Fitriani
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
PPG-SM3T VI 2018
Universitas Sebelas Maret Surakarta
fu.aewz@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved