Berita Banyuwangi

Gesah Bareng, Tiga Ormas Islam Banyuwangi Saling Silaturahmi

Tiga organisasi masyarakat (Ormas) berbasis agama Islam di Banyuwangi berkomitmen untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dan wathoniyah (kebangsaan).

Gesah Bareng, Tiga Ormas Islam Banyuwangi Saling Silaturahmi
surya.co.id/haorrahman
Tiga organisasi masyarakat (Ormas) berbasis agama Islam di Banyuwangi silaturahmi dengan berkomitmen memperkuat ukhuwah islamiyah dan wathoniyah (kebangsaan). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Tiga organisasi masyarakat (Ormas) berbasis agama Islam di Banyuwangi berkomitmen untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dan wathoniyah (kebangsaan).

Tiga ormas tersebut adalah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Pengurus Daerah Muhammadiyah, dan Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Tiga ormas tersebut melakukan Gesah Bareng (dialog bersama), di aula PCNU Banyuwangi, Minggu (2/12/2018).

"Tak bisa dipungkiri adanya perbedaan di antara kita, tapi lebih banyak lagi persamaan yang harus kita jaga dan tingkatkan," ungkap Ketua PCNU Banyuwangi KH. Muhammad Ali Makki.

Persamaan tersebut, lanjut Gus Makki - sapaan karib ketua NU, meliputi gerakan kemanusiaan dan kebangsaan.

"Banyak problem kemanusiaan, seperti saudara-saudara yang terkena bencana, bisa kita bahu membahu menyelesaikaannya. Begitu juga dengan persoalan kebangsaan. Kita sepakat untuk bersama menjaga NKRI dan Pancasila," ujarnya.

Ketua PD Muhammadiyah Dr. Mukhlis Lahudin menyambut gembira acara bertajuk "gesah bareng" tersebut. Menurutnya, kegiatan ini telah lama ia harapkan.

"Ke depannya, setiap satu bulan kita anjang sana. Bulan depan di tempat kami, berikutnya di LDII dan seterusnya," ajaknya.

Selama ini, imbuh Mukhlis, pertemuan antar ormas ini hanya lewat fasilitasi pemerintah. Baru kali ini, pertemuan yang digagas secara mandiri.

"Semoga menjadi awal yang baik guna menghadapi upaya-upaya yang mencoba memecah belah bangsa ini," harapnya.

Ketua DPD LDII Banyuwangi H. Astro Junaidi mengharapkan hasil pertemuan ini, bisa diteruskan ke akar rumput. Tidak hanya berhenti pada tingkat kabupaten, namun bisa ditransformasi hingga ke tingkat kecamatan maupun desa.

"Jika semua elemen saling bersilaturahmi dan menjaga ukhuwah hingga tingkat akar rumput, kami yakin semuanya akan aman sentosa. Tak akan laku pecah belah model apapun," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, tidak hanya dihadiri oleh masing-masing ketua. Namun, juga diikuti oleh segenap kepengurusannya. Bahkan, organ kepemudaannya pun ikut bersilaturahmi, seperti halnya GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah.

Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved