Berita Banyuwangi

Melihat Geliat Upaya Industri 4.0 di Bumdes Tamansari Banyuwangi

Dengan modal awal apa adanya dan anggota yang telah berumur, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ijen Lestari jadi salah satu BUMDes andalan di Banyuwangi

Melihat Geliat Upaya Industri 4.0 di Bumdes Tamansari Banyuwangi
SURYA.co.id/Haorrahman
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ijen Lestari, milik Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Dengan modal awal apa adanya dan anggota yang telah berumur, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ijen Lestari, milik Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi menjadi salah satu BUMDes andalan di Banyuwangi.

Belajar dari pengalaman dan memanfaatkan digitalisasi, kini BUMDes Ijen Lestari menuju Revolusi Industri 4.0 dan mampu menghasilkan omset Rp 40 juta per bulan atau Rp 480 juta setahun, dan berkontribusi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)

Apabila Anda ingin wisata ke Kawah Gunung Ijen, ada baiknya mengintip produk-produk yang ditawarkan BUMDes Ijen Lestari di tamansariijen.com.

Selain menawarkan berbagai kuliner dan suvenir seperti kopi, susu sapi, susu kambing, madu asli, juga menawarkan akomodasi liburan Anda, mulai dari homestay, transportasi, dan berbagai paket wisata selain Kawah Ijen seperti di perkebunan kopi, hutan pinus, pemandian Sendang Seruni, air terjun Batu Kaca, bendungan Londo, dan lainnya.

Tamansariijen.com merupakan situs pemesanan produk dan akomodasi liburan seperti pemesanan homestay dan paket wisata yang dikelola BUMDes Ijen Lestari. Situs ini layaknya penyedia akomodasi dan atraksi pariwisata berbasis jaringan (online),seperti Traveloka, pegipegi, dan situs penyedia akomodasi lainnya.

Meski tak sesempurna situs perusahaan penyedia akomodasi profesional, namun dari sisi kemudahan bagi wisatawan sangat efektif untuk sekelas BUMDes.

Produk-produk tersebut dikelola oleh BUMDes Ijen Lestari yang pengurus dan anggotanya adalah penduduk Desa Tamansari. Letak Desa Tamansari sangat strategis. Berada di Lereng Gunung Ijen. Desa ini juga dikenal sebagai desa pintu masuk ke Kawah Ijen.

Dengan infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK), BUMDes Ijen Lestari menjadi sebagai salah BUMDes dengan industri pariwisata 4.0 yang potensial di Banyuwangi.

Salah satu ciri revolusi industri 4.0, adalah internet of things dan kreatifitas dalam pengelolaan industri. Selain memanfaatkan situs pemasaran dan pemesanan, BUMDes Ijen Lestari ini menggunakan aplikasi dalam sistem keuangan, yang digunakan pengurus BUMDes untuk memantau keuangan secara realtime melalui smartphone mereka.

”Untungnya meski di lereng gunung jaringan telekomunikasi di desa kami bagus, sehingga memudahkan kami dalam mengelola BUMDes. Di sini hanya sinyal telkomsel yang jaringannya kuat sampai 4G,” kata Bambang Hadi Supriyadi, Kepala BUMDes Ijen Lestari, Sabtu (1/12/2018).

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved