citizen reporter

Reza Rahadian dan Ongky Hojanto Bisa Presentasi Menarik karena 6L

Berbicara di depan umum, termasuk presentasi saat ini penting dikuasai. Reza Rahadian dan Ongky Hojanto menyebut rahasianya: 6L.

Reza Rahadian dan Ongky Hojanto Bisa Presentasi Menarik karena 6L
istimewa
Reza Rahadian membagikan cara mengemas personal branding agar terbiasa presentasi dengan menarik. Ia bersama Ongky Hojanto berbagi pengalaman agar menarik berbicara di depan umum. 

Keahlian berbicara di depan umum, termasuk presentasi, menjadi keharusan dalam bersosialisasi.

Reza Rahadian dan Ongky Hojanto menunjukkan cara agar dapat presentasi dengan menarik.  Selain diperlukan skill lebih dalam menyampaikan informasi yang kemudian mudah diterima dan dipahami mitra bicara, rahasia lainnya adalah 6L.

Itu sebabnya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) Malang mengadakan Seminar Nasional Public Speaking Training (PST) 2018. Itu merupakan salah satu program kerja Divisi Hubungan Masyarakat HMJM FEB UB.

PST 2018 merupakan kali ketiga. Pada tahun pertama, PSTdiselenggarakan untuk kalangan internal (mahasiswa Manajemen FEB UB). Baru dibuka untuk umum tahun lalu dan kembali diadakan terbuka pada 2018.

PST 2018 diadakan di Aula Gedung F Lt 7, FEB UB, Minggu (25/11/2018). PST 2018 dipimpin Rinno Rahmansyah, mahasiswa Manajemen FEB UB selaku ketua pelaksana. Acara diresmikan dan dibuka melalui sambutan RisnaWijayanti, Sekretaris Jurusan Manajemen. Selain itu, dalam pembukaan juga diundang Ketua HMJ Manajemen, Aditya Perwiratama.

Bertemakan Good Speaker for Future Leader, PST 2018 berhasil menarik atensi publik, khususnya mahasiswa karena dua pemateri utama yang dihadirkan merupakan influencer andal dan populer.

Mereka adalah Reza Rahadian dan Ongky Hojanto. Ayu Savitri, Ketua Divisi Humas menuturkan, panitia berhasil menjual 250 tiket dengan dua kategori, yaitu tiket Reguler (seminar) dan VIP (seminar dan training).

Sebagai pembicara pertama, Reza Rahadian yang selama ini dikenal sebagai aktor memberikan pemaparan dan berbagi pengalaman pribadinya dalam membentuk personal branding atau citra diri.

Ciri khas itu ditentukan sendiri dan bukan berdasar penilaian orang lain. Itu bisa didapat melalui diskusi dengan diri sendiri (inner world), mencari jati diri di lingkungan yang tepat, dan berkontemplasi dengan tidak bosan menanyakan apa yang disukai dan apa yang tidak disukai.

“Menjadi diri sendiri tidak harus sempurna. Setiap orang memiliki keunikan,” katanya.

Penguatan lain diberikan Ongky Hojanto. Ongky dikenal sebagai No1 Successful Inspirator and Public Speaking Expert dengan berbagai pengalaman bersertifikat standar internasional, di antaranya, FIRE Institute USA, Association of NLP (ANLP), dan British International Hypnosis. Ongky kembali menghidupkan suasana melalui penyampaiannya yang humoris.

Ia banyak memanfaatkan peragaan tubuh untuk materi mengenai pentingnya menjadi pembicara yang baik melalui 3S, yaitu subject mastery, sequency, dan showmanship. Menurutnya, yang terpenting dan menjadi kunci adalah tekun berlatih.

“Dalam menguasai topik presentasi, tonggak keberhasilannya adalah 6L, yaitu latihan, latihan, latihan, latihan, latihan, dan latihan,” kata Ongky.

Seminar selesai sekitar pukul 14.50. Ke-40 peserta VIP yang mengikuti training lanjutan, mendapatkan pelatihan yang disampaikan Perhumas Muda Malang.

Indah Siti Nur’aini
Mahasiswa Ilmu Politik
FISIP Universitas Brawijaya
na28indahnuraini@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved