Berita Jawa Timur

Dishub Jatim Wacanakan Penerapan Aturan Ganjil Genap di Surabaya

Aturan ganjil genap kemungkinan akan diterapkan di Jatim, termasuk Surabaya. Saat ini, Dinas Perhubungan Jatim telah mewacanakannya.

Dishub Jatim Wacanakan Penerapan Aturan Ganjil Genap di Surabaya
surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Ratusan kendaraan terjebak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Ranu Grati, Kota Malang. Jalan menuju perumahan Sawojajar selalu padat dan macet pada jam-jam sibuk dan hari libur. Dishub Jatim sendiri mewacanakan aturan ganjil genap untuk mengatasi problem kemacetan seperti ini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aturan ganjil genap kemungkinan akan diterapkan di Jatim, termasuk Surabaya. 

Saat ini aturan ganjil genap itu masih sedang dalam didiskusikan oleh Dinas Perhubungan Jawa Timur. 

Dengan aturan ganjil genap ini, kendaraan dengan nopol ganjil ataupun genap, hanya bisa melintas di kawasan tertentu pada waktu-waktu tertentu pula. Jika melanggar, pengendaranya bisa kena tilang. 

"Namun ini masih tataran wacana yang hendak kami diskusikan. Belum ada kebijakan soal pemberlakuan ganjil genap tersebut," kata Sherlita R D Agustin, Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim, kepada surya.co.id, Jumat (30/11/2018).

Meski demikian wacana penerapan kendaraan ganjil genap tersebut suatu saat nanti bisa jadi akan diadopsi untuk mengurangi kemacetan.

Tentu ganjil genap itu hanya diberlakukan untuk kendaraan pribadi. Diharapkan pemilik kendaraan itu bisa beralih ke kendaran umum.

"Tentu harus lebih dulu disiapkan solusi lebih dulu jika ganjil genap itu diberlakukan. Ganjil genap ini pasti mendapat respons dari banyak pihak. Kami akan coba diskusikan untuk mengetahui respons itu melalui diskusi" tambah Lita.

Dishub Jatim akan mengundang khusus Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Litbang Kemenhub. Mereka akan dihadirkan untuk berbagi pengalaman atas pemberlakuan ganjil genap.

Saat ini beredar surat undangan resmi dari Dishub Jatim akan rencana kebijakan penerapan kendaraan ganjil genap. Dishub bekerja sama dengan Masyarakat Transportasi Indonesia akan menggelar diskusi kebijakan itu pada Senin (3/12/2018) besok. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved