citizen reporter

Universitas Negeri Surabaya Siapkan 50 Jurnalis, Publikasikan Aktivitas Kampus

Menghadapi kecepatan informasi, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyiapkan 50 jurnalis. Mereka bertugas memublikasikan aktivitas kampus.

Universitas Negeri Surabaya Siapkan 50 Jurnalis, Publikasikan Aktivitas Kampus
istimewa
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyiapkan 50 jurnalis untuk memublikasikan aktivitas kampus. 

Semangat Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk bersaing di kancah internasional perlu didukung prasarana yang memadai. Salah satunya, publikasi aktivitas kampus dalam dua bahasa atau bilingual. Itu sebabnya, dibutuhkan jurnalis yang tangguh.

Itu yang disampaikan Sujarwanto, Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dalam pembukaan Pelatihan Jurnalistik Humas Unesa 2018, Rabu (21/11). Sujarwanto menegaskan, di situlah peran humas dan jurnalis sangat dibutuhkan.

“Oleh karena itu, kalian harus mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Di sini kalian akan diberi keterampilan menulis dan komunikasi, skill yang sangat penting di abad 21,” ungkapnya di hadapan 70 peserta calon jurnalis Unesa.

Mereka adalah mahasiswa perwakilan prodi dan organisasi mahasiswa selingkung Unesa.
Endah Imawati, salah satu pemateri menyampaikan, tidak semua peristiwa yang terjadi dapat diangkat sebagai berita. Berita mengandung unsur-unsur dasar reportase selain kelengkapan data. Yang tidak kalah penting adalah unsur value dan save.

“Sebagai jurnalis, kita juga harus menjaga keamanan diri dan keamanan narasumber. Memberikan gimic dalam berita diperbolehkan, tetapi tidak boleh menjatuhkan narasumber,” papar wartawan senior Harian Surya itu.

Selama pelatihan, mahasiswa mendapat berbagai materi yang disampaikan praktisi yang sesuai dengan bidangnya. Purnamawati Setyo Puji, salah satu peserta, mengaku sangat terkesan dengan pelatihan yang diselenggaran di Auditorium lantai 11 Gedung Rektorat Unesa itu. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi itu berharap, pelatihan semacam itu dapat dilaksanakan setiap caturwulan atau triwulan sekali. Itu terutama untuk penulisan berita.

“Kalau diadakan setiap saat, nanti kan jadi makin jago bikin berita ataupun artikel. Kan kayak pisau, sering diasah semakin tajam,” imbuh mahasiswa semester 3 itu.

Pelatihan yang ditutup Kamis (22/11) itu diisi dengan delapan materi. Materi-materi itu meliputi menulis berita dan feature yang disampaikan wartawan Harian Surya; materi media sosial dan kehumasan disampaikan dosen Ilmu Komunikasi Unesa, Gilang Gusti Aji; dan kehumasan kampus oleh dosen Ilmu Komunikasi Unesa, Vinda Maya Setianingrum.

Selain itu, mereka juga mendapat materi tentang announcer radio oleh penyiar radio Metro Female Tya Ezar; peliputan dan keredaksionalan oleh jurnalis Mediantara Mubasyir Aidi; perwajahan media oleh Redaktur Harian Duta Masyarakat, Abdur Rohman; dan fotografi oleh fotografer Humas Unesa, Wahyu Utomo.

Syaiful Rahman
Jurnalis Humas Unesa
kacongsyaiful@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved