Grahadi

Beranda Grahadi

Pakde Karwo Raih Penghargaan Penasihat ASN Terbaik Nasional: Gubernur Pertama Peraih KORPRI Award

Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo meraih Penghargaan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Award kategori Penasihat KORPRI Provinsi terbaik 2018.

Pakde Karwo Raih Penghargaan Penasihat ASN Terbaik Nasional: Gubernur Pertama Peraih KORPRI Award
foto: humas pemprov jatim
PRESTISIUS - Gubernur Jatim Dr H Soekarwo menerima Penghargaan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Award untuk kategori Penasihat KORPRI Provinsi Terbaik Tahun 2018 yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo dalam Upacara Peringatan HUT ke-47 KORPRI Tingkat Nasional 2018, di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018). 

SURYA.co.id | JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo berhasil meraih Penghargaan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Award untuk kategori Penasihat KORPRI Provinsi Terbaik Tahun 2018. Istimewanya, penghargaan tersebut menjadikan Pakde Karwo, sapaan akrabnya, sebagai gubernur pertama dalam sejarah yang meraih KORPRI Award sejak penghargaan ini digelar pertama kali pada tahun 2016 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo kepada Pakde Karwo dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 yang mengambil tema “ KORPRI Melayani, Bekerja, dan Menyatukan Bangsa”, di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Diterimanya penghargaan ini disambut penuh syukur oleh Pakde Karwo. Gubernur kelahiran Madiun ini mengatakan, melalui penghargaan ini, pihaknya akan terus membina KORPRI Jatim agar semakin profesional, dan mandiri dalam mengelola kegiatannya.

“KORPRI harus semakin maju, penuh inovasi, dan profesional manajemennya, melayani dengan baik, dan tidak kalah dengan swasta” kata Pakde Karwo.

"Saya mengucapkan terima kasih dan bangga dengan ASN Pemprov Jatim yang telah mendedikasikan seluruh kerja nyata, karya, dan inovasinya, sehingga Jatim menjadi provinsi terbaik di Indonesia," pungkas Gubernur Soekarwo, seusai menerima penghargaan nasional tersebut.

 Motor Penggerak

Sementara dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, penghargaan ini sebagai pelecut semangat bagi seluruh anggota KORPRI, yakni para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar semakin profesional, dengan mengedepankan budi pekerti, dan etika sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat. Presiden Jokowi juga mengajak para ASN untuk menjadi motor penggerak pembangunan nasional, khususnya dalam menyongsong era industri 4.0. 

“Kita dihadapkan pada perubahan sosial yang besar, KORPRI juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Presiden Jokowi, pada tahun 2019 pemerintah mulai menggeser program unggulan dari infrastruktur menjadi memperkuat sumber daya manusia (SDM). Karena itu, kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, seluruh sektor dan lapisan masyarakat serta lingkungan remaja dan usia dini, harus ditingkatkan secara signifikan.

“ASN harus segera memperkuat dan mempersiapkan diri menjadi agen transformasi penguatan SDM. Yakni, agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan jumlah ASN yang tersebar, transformasi kualitas SDM harus bisa berjalan dan memberikan hasil positif dalam kemajuan bangsa dan negara, dan kemajuan rakyat kita,” lanjutnya.

Selain Pakde Karwo, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan KORPRI Award Kategori Penasehat Korpri Kabupaten/Kota Terbaik 2018 kepada Bupati Kepahiyang, Bengkulu, Hidayatullah Sjahid.

Selain itu, kategori Pengurus Provinsi Terbaik 2018 diterima Sekda Provinsi Jawa Tengah, kemudian kategori Pengurus Kabupaten/Kota Terbaik 2018 dimenangkan oleh Dewan Pengurus Korpri Kota Bitung, dan Kategori Pengurus Korpri Kementerian Terbaik 2018 diraih oleh Dewan Pengurus Korpri Kementerian UKM.

Upacara yang diikuti sekitar 6.000 ASN ini dihadiri pula oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja, di antaranya Mendagri TjahjoKumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Mensos Agus Gumiwang, dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Pusat Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH, Sekjen DP KORPRI Pusat Dr Ir Bima HariaWibisana MSIS, dan Gubernur DKI Jakarta AniesBaswedan. (rif/fae)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved