citizen reporter

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Menjadi Generasi Peselancar di Revolusi Industri 4.0

Mahasiswa Universitas Negeri Malang dituntut beradaptasi dengan revolusi industri 4.0 dengan menjadi generasi peselancar.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Menjadi Generasi Peselancar di Revolusi Industri 4.0
istimewa
Revolusi industri 4.0 menjadi pemacu mahasiswa Universitas Negeri Malang menjadi generasi peselancar yang dapat menggunakan kemajuan teknologi.

Perubahan zaman mengharuskan mahasiswa bergerak cepat, termasuk mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Mereka menjadi generasi peselancar di revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan munculnya kecerdasan buatan dan semua hal yang berbau digital.

Gelar Inovasi Belajar pada Rabu-Kamis (21-22/11/2018) di Graha Cakrawala UM oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran menjadi salah satu wujud nyata menyongsong Revolusi Industri 4.0. Acara dibuka oleh Sultan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian, dilanjutkan peresmian oleh Ahmad Rofi’uudin, Rektor UM.

“Inovasi Belajar ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat sehingga menjadikan UM sebagai pusat Inovasi Belajar,” kata Sultan.

Acara semakin lengkap ketika dilanjutkan peluncuran produk Inovasi UM yaitu Sistem Pembelajaran dalam Jaringan (SIPEJAR), Interactive Digital Bookstore (Idbookstore), KULINERA, serta MOOCS. Itu dilanjutkan sesi Gelar Wicara oleh tiga pemateri, yaitu Dedy Permadi (Tenaga Ahli Kominfo Bidang Kebijakan Digital), Onno W Purbo (pakar telematika Indonesia), serta Djoko Saryono (pegiat Inovasi Belajar UM).

Menurut Dedy, Indonesia memiliki peluang besar seperti bonus demografi yang harus dimanfaatkan dengan baik. Generasi muda juga harus siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan kesiapan digital talent atau SDM dalam menerima perubahan.

Tidak hanya itu, Djoko Saryono juga memaparkan, generasi saat ini bagaikan peselancar sedangkan generasi terdahulu bagaikan menumpang di perahu. Peselancar membutuhkan ombak untuk menjalankan papan selancar agar bergerak. Generasi menumpang di perahu akan mengikuti ke mana perahu akan berlayar.

Pemateri terakhir yaitu Onno W Purbo mengenalkan beberapa inovasi digital miliknya yaitu perpustkaan digital melalui hardisk yang berisi ratusan buku digital sehingga memudahkan semua pembaca dengan praktis. Ia juga menunjukkan E-Learning Rakyat yang mendukung perkuliahan secara digital serta internet offline yang bisa digunakan kapan pun.

Pada saat yang sama, diadakan pameran Inovasi Belajar. Para mahasiswa dapat menyaksikan inovasi belajar yang dilakukan di UM. Tahun depan diharapkan ada acara seperti itu lagi.

Ryandini Dwi Puspita
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang
ryandinipuspita1@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved