Berita Jawa Timur

Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang Jadi Momen Perluas Hubungan Jepang dan Jatim

Resepsi HUT Kaisar Jepang, Akihito, digelar di Grand Ballroom Shangri La Hotel, Surabaya. Begini suasananya...

Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang Jadi Momen Perluas Hubungan Jepang dan Jatim
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Dari kiri: Konjen Jepang, Masaki Tani, Gubernur Jatim, Soekarwo dan Ketua Perkumpulan Jepang Jawa Timur, East Java Japan Club (EJJC), Sato Hideyaki saat melakukan toast dalam resempsi HUT Kaisar Jepang ke-85 di tahun 2018 di Ballroom Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (29/11). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Semua tamu yang ada di ruangan Grand Ballroom Shangri La Hotel berdiri khidmat. Mereka mengikuti alunan tegas lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tak lama, mereka juga mendengarkan alunan lembut lagu Kebangsaan Jepang, Kimigayo, Kamis (29/11/2018).

Di depan panggung utama, foto diri Kaisar Jepang Akihito dan permaisurinya, Michiko terpampang jelas di hadapan para tamu.

Mereka mengikuti acara resepsi HUT Kaisar Jepang, yang digelar Konsul Jepang di hotel bintang lima itu.

Beberapa pejabat penting di Jatim, mulai Gubernur Jatim Soekarwo hingga Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengikuti resepsi itu.

Konsul Jenderal (Konjen) Jepang, Masaki Tani menjelaskan, resepsi ini digelar terkait HUT Kaisar Akihito yang ke-85 pada 23 Desember 2018 mendatang. Momen HUT ini adalah masa 30 tahun era kekaisaran sejak naik tahta pada 7 Januari 1988 silam.

“Baginda Kaisar bakal turun tahta pada 30 April 2019. Pada 1 Mei 2019, putera mahkota Naruhito akan dilantik jadi kaisar,” jelasnya, Kamis (29/11).

Resepsi HUT Kaisar Jepang ini juga menjadi penanda langgengnya hubungan Jepang-Indonesia, dimana tahun ini adalah peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Peringatan ini dirayakan sepanjang tahun dengan beraneka acara, mulai dari Japan Week yang menampilkan tamu istimewa dari Jepang, Kanji Cup yang diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia, hingga Festival Yosakoi Surabaya yang didukung duta persahabatan peringatan 60 tahun, Shohei Matsunaga.

“Resepsi HUT ini juga jadi penanda hubungan Jepang dan Jatim, dimana jumlah pembelajar Bahasa Jepang di Jatim lebih dari 90 ribu orang. Tak hanya itu, orang Jepang yang tinggal di Jatim berjumlah lebih dari 800 orang,” paparnya.

Momen resepsi HUT Kaisar Jepang ini juga jadi penanda, dimana Jepang memberikan anugerah Bintang Jasa untuk periode Musim Gugur 2018 pada 3 November kemarin.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved