Lapor Cak

Pemutihan Pajak Akan Berakhir 2 Minggu Lagi, Pemohon Diminta Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Warga yang heendak memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, diminta memaksimalkan waktu yang tersisa karena 2 minggu lagi berakhir.

Pemutihan Pajak Akan Berakhir 2 Minggu Lagi, Pemohon Diminta Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Petugas melayani wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor dengan memanfaatkan program pemutihan dari Pemprov Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Layanan pemutihan denda pajak kendaran dan biaya balik nama (BBN) kendaraan gratis di seluruh wilayah Jatim akan berakhir 15 Desember 2018.

Wajib pajak yang akan memanfaatkan program itu diminta memanfaatkan waktu yang ada. Sebab, jika mendaftar dan memasukkan berkas pada beberapa hari menjelang penutupan pemutihan dan balik nama gratis akan rentan tertolak karena menumpuknya ribuan berkas yang masuk.

"Yang rugi nanti pemohon sendiri. Jika ada berkas yang perlu penyempurnaan saya khawatir berkas akan tertolak di injury time masa berakhirnya layanan Pemutihan," kata Kepala Administratur Samsat Surabaya Timur, Bambang Sutikno, Senin (26/11/2018). 

Pemprov Jatim di bawah Gubernur Soekarwo untuk tahun kesepuluh pemerintahannya, memberikan layanan pemutihan denda pajak dan biaya balik nama gratis. Setiap pemilik kendaraan yang sudah bertahun-tahun menunggak pajak bisa menunaikan kewajibannya membayar pajak tanpa kena sanksi administatif atau denda.

Sampai saat ini sudah puluhan ribu penunggak pajak kendaraan mendatangi kantor Samsat dan layanan pembayaran pajak kendaraan yang kain. Bisa membayar ke Samsat Drive Thru atau Samsat Corner di mal-mal Surabaya.

Bisa juga membayar Pajak dan layanan pemutihan di Samsat Keliling. Namun layanan pemutihan Pajak ini akan berakhir pada 15 Desember mendatang. Pemutihan dan biaya balik nama gratis kendaraan ini sudah dibuka sejak 24 September 2018.

Khusus untuk layanan balik nama hanya bisa dilayani di Kantor Samsat sesuai areal alamat pemohon. Bisa di Kantor Samsat Surabaya Timur (Manyar), Surabaya Selatan (Ketintang), dan Surabaya Barat (Tandes). Juga di Kantor Samsat Seluruh Jatim.

Baik plat nomor dalam provinsi yang hanya balik nama pemilik kendaraan maupun plat nomor dari luar Jatim.

"Ada ratusan plat B yang sudah balik nama menjadi plat L. Warga diuntungkan karena mobilnya sudah atas nama sendiri," jelas Bambang.

Salah satu pemohon biaya balik nama, Andi Sanjaya, warga Kertajaya, mengakui bahwa dirinya menantikan layanan balik nama gratis mobil innovanya. "

Saya tidak tahu pasti biaya balik nama. Ternyata saya bisa hemat Rp 3 jutaan untuk biaya balik nama ini," kata Andi. 

Untuk jenis mobil Innova dan sejenisnya rata-rata biaya balik nama memang sekitar Rp 3 juta. Sementara mobil Avanza dan sejenisnya besaran biaya balik nama sekitar Rp 1,5 jutaan. Sesuai ketentuan bahwa besaran biaya balik nama sebesar 1 persen dari nilai mobil.

"Banyak yang menggantungkan layanan pemutihan termasuk saya. Saya setahun telat membayar pajak dan sengaja tidak membayar karena pasti ada pemutihan," ucap Haryono, penunggak pajak mobil yang sudah telah sejak Januari 2018.

Ingat, Dua Minggu Lagi Program Pemutihan Pajak dan BBN di Jatim Berakhir

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved