Lapor Cak

Ingat, Dua Minggu Lagi Program Pemutihan Pajak dan BBN di Jatim Berakhir

Program pemutihan pajak dan bea balik nama (BBN) kendaraan gratis akan berakhir 2 minggu lagi. Ayo, jangan lewatkan.

Ingat, Dua Minggu Lagi Program Pemutihan Pajak dan BBN di Jatim Berakhir
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Petugas melayani wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor dengan memanfaatkan program pemutihan dari Pemprov Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Program pemutihan pajak dan bea balik nama (BBN) kendaraan gratis akan berakhir 2 minggu lagi. 

Sejauh ini,  Kantor Samsat berhasil mendulang pendapatan dari sektor pajak kendaraan ini.

Dibanding hari biasa, pendapatan pajak kendaraan selama tiga bulan naik hingga tiga kali lipat.

Jika hari biasa pengumpulan pajak di Kantor Samsat Manyar (Surabaya Timur) sekitar Rp 3 miliar, saat dibuka pemutihan hingga saat ini sudah berhasil pendulang pemasukan pajak Rp 30 miliar.

Di Kantor Samsat Ketintang (Surabaya Selatan), jumlah wajib pajak mengalami lonjakan 3 kali lipat sejak program itu berlangsung. Dari sana, penerimaan pajak yang berhasil dihimpun mencapai Rp26 miliar. 

Situasi ini mengindikasikan bahwa upaya Pemprov Jatim melipatgandakan penerimaan pajak kendaran cukup signifikan dengan cara pemutihan. Di satu sisi denda pajak tidak didapatkan, tetapi penerimaan pajak menjadi berlipat.

Kepala Administratur Kantor Samsat Surabaya Selatan, Achmad Ismail memprediksi bahwa seminggu menjelang berakhirnya masa pemutihan, kantor Samsat dan tempat layanan pembayaran pajak akan dipadati pemohon.

Diperkirakan kepadatan pemohon akan mencapai tiga kali lipat. Jika pada hari biasa di Kantor Samsat Manyar sehari dipadati 1.200 pemohon maka pada seminggu menjelang berakhirnya pemutihan bisa dipadati hingga 3.600-an pemohon wajib pajak.

Di Kantor Samsat Ketintang pada hari biasa dipadati 1.000 wajib pajak, saat menjelang penutupan pemutihan diprediksi ada 3.000 an pemohon memanfaatkan layanan pemutihan dan BBN gratis.

"Kami akan pisah saat seminggu menjelang penutupan pemutihan besok," kata Ismail.

Kantor Samsat Ketintang akan membuka layanan Walk Thru di samping gedung utama Kantor Samsat. Sisi teras gedung akan dibuat layanan Walk Thru. Pemohon tanpa harus masuk ke loket layanan di dalam gedung.

Akan ada loket khusus di Walk Thru. "Di dalam gedung khusus untuk pajak lima tahunan. Untuk pemutihan dan pajak tahunan di layanan Walk Thru. Petugas dan Papan petunjuk sudah kami siapkan," kata Ismail. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved