Berita Surabaya

Sembuhkan Psoriasis dengan Narrow Band UV B di Surabaya Skin Center

pengobatan psoriasis dengan foto terapi, telah dilakukan Surabaya Skin Centre (SSC), lewat terapi sinar dengan Narrow Band Ultraviolet B (NB-UVB).

Sembuhkan Psoriasis dengan Narrow Band UV B di Surabaya Skin Center
wiwit purwanto
Dr Ni Putu Susari Widianingsih, SpKK, FINSDV, FAADV, dokter dari Surabaya Skin Centre. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Meski bukan penyakit berbahaya, psoriasis tetap perlu mendapat perhatian, terutama pada warga Surabaya. Penanganan penyakit ini bisa dengan cara kombinasi berupa obat oles, sistemik dan foto terapi.

Adapun pengobatan dengan foto terapi, telah dilakukan Surabaya Skin Centre (SSC), lewat terapi sinar dengan Narrow Band Ultraviolet B (NB-UVB).

Direktur Utama Surabaya Skin Center, dr Ni Putu Susari Widianingsih SpKK FINSDV FAADV, menjelaskan psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Penyakit yang diakibatkan karena gangguan keratinisasi, sehingga menimbulkan gejala klinis yang khas berupa bercak kemerahan bersisik tebal berwarna keperakan.

“Penyebab psoriasis bisa karena genetis atau autoimun, di mana sel T pada tubuh malah menyerang sel kulit atau kerainoid, sehingga kulit menebal,” urainya, Rabu (21/11/2018).

Untuk pengobatan psoriasis ini, ada beberapa klasifikasi berat ringannya penyakit dari penebalan dan penyebaran sel inflamasi ini.

Jika psoriasis kurang dari tiga persen dari area tubuh, maka diobati secara topical atau dengan obat oles.

Jika sedang atau 3-10 persen dari tubuh, maka diobati dengan topical dan foto terapi. Sedangkan yang berat atau di atas 10 persen, memakai sistemik atau oral dan biological agent (obat protein).

“Untuk yang sedang, pengobatan dengan foto terapi adalah yang paling efektif, lewat Narrow Band Ultraviolet B,” kata Widianingsih.

Pada foto terapi ini, dia menggunakan panjang gelombang yang aman, atau antara 308-311 nm.

Dengan menyinarkan sinar UV B ini pada area yang kena psoriasis, maka ini akan bisa menekan sel inflamasi pada psoriasis sampai mereda.

Halaman
123
Penulis: Sudharma Adi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved