Berita Jember

Pemkab Jember Gandeng PKK Untuk Perangi Stunting

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengajak Satuan Gerak PKK mengatasi stunting. Caranya?

Pemkab Jember Gandeng PKK Untuk Perangi Stunting
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Bupati Jember, Faida, berfoto bersama para perempuan anggota PKK 

SURYA.co.id | JEMBER - Stunting menjadi salah satu masalah kesehatan pada tumbuh kembang anak yang harus diatasi bersama. Karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengajak Satuan Gerak PKK mengatasi stunting.

Salah satu caranya, Pemkab Jember memberikan bekal pengetahuan kepada para perempuan yang tergabung di PKK.

Pembekalan tersebut tergabung dalam kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan 2018 di Pendapa Wahyawibawagraha, Senin (19/11/2018).

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yakni “Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera.” Selain diikuti pengurus TP PKK kabupaten dan kecamatan, kegiatan ini diikuti camat dan sejumlah aparatur dari dinas terkait.

Bupati Jember, Faida menjelaskan, pencanangan kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan ini memiliki beberapa target.

“Di antaranya target program KB, target penurunan kematian bayi dan ibu melahirkan, masalah stunting dengan mengaktifkan posyandu dan dasa wisma,” kata bupati yang juga dokter ini.

Setelah mendapat bekal, peserta kegiatan akan turun langsung ke posyandu-posyandu untuk melihat kondisi Posyandu dan Dasa Wisma. “Jangan sampai posyandu tidak aktif. Jangan sampai dasa wisma tidak aktif,” tegas Faida.

Posyandu dan Dasa Wisma menjadi organ untuk menyukseskan gerakan keluarga dan masyarakat hidup sehat. Salah satunya untuk mengatasi masalah stunting di Kabupaten Jember.

Bupati Faida mengungkapkan, banyak orang menganggap stunting itu bukan program. Hal ini karena melihat bapak dan ibu penderiat balita stunting sejak lama telah kerdil.

Padahal, tegasnya, terjadinya balita stunting karena menghadapi masalah gizi dan masalah kesehatan lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved