Berita Jawa Timur

39 Calon Komisioner Lolos Seleksi CAT KPU Jatim, Termasuk Tujuh Petahana

ebanyak 39 Calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur pada ujian seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT), Senin (19/11/2018).

39 Calon Komisioner Lolos Seleksi CAT KPU Jatim, Termasuk Tujuh Petahana
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua KPU RI, Arief Budiman diajak berswafoto oleh calon Komisioner KPU Jatim pasca pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT), Senin (19/11/2018) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 39 Calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur pada ujian seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT), Senin (19/11/2018). Dari 39 nama tersebut, tujuh di antaranya merupakan Komisioner KPU Jatim yang masih menjabat (petahana).

Ketua Tim Seleksi KPU Jatim, Suko Widodo mengatakan bahwa pada seleksi yang diselenggarakan di Surabaya tersebut diikuti 60 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebelumnya.

"Setelah lolos seleksi administrasi, selanjutnya mereka masuk pada seleksi berbasis CAT," kata Suko ketika ditemui di sela tes tersebut, Senin (19/11/2018).

Pada seleksi melalui CAT, Timsel telah menentukan ambang batas minimal nilai yang harus diperoleh para peserta (passing grade), yakni 60.

"Serta, jumlah yang diambil, maksimal 49 orang (tujuh kali dari tujuh komisi yang nantinya dipilih)," terang Suko.

Namun, usai seleksi hanya ada 39 orang yang berada di atas nilai 60.

"Sehingga, ke-39 nama tersebut kami nyatakan lolos ke seleksi berikutnya," kata Suko yang juga pengamat politik dari Universitas Negeri Airlangga Surabaya (Unair) ini.

Di antara ke 39 nama tersebut, terdapat tujuh komisioner KPU Jatim yang masih menjabat. Di antaranya, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

"Kali ini, agak membuat berdebar. Sebab, berbeda dengan sistem manual, kali ini menggunakan komputer," kata Eko ketika ditemui seusai tes.

Eko yang mendapat nilai akhir 78,60 dan menjadi tertinggi kedua di antara peserta tes mengungkap beberapa materi ujian yang disampaikan. Di antaranya, terkait dengan UUD 45, hingga kode etik penyelengarana pemilu.

Halaman
12
Tags
KPU Jatim
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved