Pemilu 2018

Ini Sebaran Data Pemilih di Lapas Jatim yang Terancam Tak Bisa Memilih di Pemilu 2019

Dari data tersebut, terlihat warga binaan Lapas/Rutan paling banyak ada di Lapas kelas 1 Malang ada 2.896 orang.

Ini Sebaran Data Pemilih di Lapas Jatim yang Terancam Tak Bisa Memilih di Pemilu 2019
surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Salah satu warga binaan di lapas kelas II-B Mojokerto 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim membenarkan bahwa ada sejumlah pemilih potensial di lembaga pemasyarakatan (lapas) pada Pilpres 2019.

Mengutip data yang dimiliki oleh Bawaslu Jatim, jumlahnya mencapai 13.094 pemilih potensial dari 23.857 penghuni lapas di Jawa Timur.

"Sekitar 13 ribu dari data tersebut berpotensi masuk dalam dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) karena elemen data Pemilihnya tidak lengkap," kata Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi kepada SURYA.co.id Surabaya, Sabtu (17/11/2018).

Dari data tersebut, terlihat warga binaan Lapas/Rutan paling banyak ada di Lapas kelas 1 Malang ada 2.896 orang.

Kemudian, yang terendah adalah Rutan Kelas II B Pacitan dengan 95 orang dari 37 lapas yang tersebar di 31 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Bawaslu Kabupaten/Kota melakukan koordinasi ke Pemerintah Daerah dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) atau rumah tahahan (Rutan).

Hal ini dilakukan untuk untuk melihat potensi Pemilih yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) karena berbagai hal.

"Misalnya, tidak mempunyai dokumen kependudukan, tidak ditemukan alamatnya dan melaporkan pergerakan perpindahan Pemilih di Lapas/Rutan. Selanjutnya, kami akan koordinasikan dengan lembaga terkait," kata Aang menambahkan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mencatat hingga kini masih ada sekitar belasan ribu pemilih di lembaga permasyarakatan (Lapas) se-Jatim yang berpotensi tak bisa memberikan suaranya pada pemilu 2019 mendatang.

"Jumlah tersebut tersebar di sekitar 30-an lapas di Jatim dan belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)," kata Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam di Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Halaman
1234
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved