Berita Banyuwangi

Banyuwangi Buka Ekstrakurikuler Kopi-Cokelat untuk Pelajar SMP-SMA/SMK

PTPN XII di Banyuwangi dikenal sebagai penghasil kopi dan kakao yang merupakan bahan baku cokelat.

Banyuwangi Buka Ekstrakurikuler Kopi-Cokelat untuk Pelajar SMP-SMA/SMK
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat bertemu perwakilan PTPN XII 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi menyiapkan kegiatan ekstrakurikuler kopi dan cokelat untuk para pelajar SMP dan SMA/SMK, termasuk di sekolah yang berbasis pondok pesantren.

Langkah ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat berwirausaha sejak dini sekaligus mengoptimalkan potensi pertanian yang sangat besar di kabupaten ujung timur Jawa itu.

”Tiga hari lalu kami bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Beliau memberi arahan agar anak-anak muda sejak dini didesain sebagai generasi kreatif, termasuk soal kewirausahaan. Beliau mencontohkan besarnya potensi kopi sebagai penggerak ekonomi rakyat. Sekarang kami tindak lanjuti dengan kolaborasi bersama BUMN PT Perkebunan Nusantara XII untuk masuk ke sekolah-sekolah,” ujar Anas.

Anas menambahkan, SMP dan SMA/SMK termasuk yang berbasis pesantren yang dekat dengan lokasi perkebunan bakal mulai dimasuki ekstrakurikuler kopi dan cokelat.

PTPN XII di Banyuwangi dikenal sebagai penghasil kopi dan kakao yang merupakan bahan baku cokelat.

Komoditas itu telah diekspor ke berbagai negara.

Bahkan cokelat dari Banyuwangi, yang lebih dikenal dengan sebutan cokelat Glenmore, dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

”Untuk SMA dan SMK, kami mengusulkan ada jurusan kopi dan cokelat. Usulan ini ke Pemprov Jatim karena SMA/SMK sudah dalam pengelolaan pemerintah provinsi, bukan lagi pemkab. Maka kami juga ajak kepala cabang Dinas Pendidikan Jatim di Banyuwangi untuk rapat dengan PTPN XII,” ujar Anas.

Anas optimistis, dengan strategi ini, kelak bisa lahir banyak entrepreneur yang kreatif dalam menggarap potensi kopi dan cokelat Banyuwangi.

BUMN PTPN XII dilibatkan karena mempunyai SDM yang berpengalaman di bidang pengolahan kopi dan cokelat.

Halaman
12
Penulis: Habibur Rohman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved