Berita Surabaya

Ujian, Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ITS Surabaya Pakai Kostum Superhero

Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ITS mengenakan kostum superhero saat mengikuti ujian. Apa tujuannya?

Ujian, Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ITS Surabaya Pakai Kostum Superhero
ist
Empat mahasiswa Teknik Perkapalan ITS memamerkan kostum-kostum Superhero yang mereka kenakan saat ujian. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

SURYA.co.id | SURABAYA - Mengusung tema kepahlawanan, mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mengenakan kostum superhero waktu ujian, Jumat, (16/11/2018).

Penggunaan kostum ketika menjalani ujian, sebenarnya sudah menjadi tradisi di departemen tersebut. Namun yang membedakan pada bulan November tahun ini ialah tema yang ditentukan yaitu mengenai pahlawan super, baik nasional maupun internasional.

Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS, Muhammad Badrus Zaman menjelaskan bahwa penggunaan kostum pahlawan super tersebut dipakai bukan tanpa memiliki arti apapun.

Pasalnya, selain untuk memperingati hari pahlawan yang bertepatan pada bulan November, dengan menggunakan kostum superhero tersebut mahasiswa diharapkan dapat memiliki jiwa-jiwa pahlawan super yang saat ini dibutuhkan.

Pria yang kerap disapa Badrus tersebut juga menjelaskan, penggunaan kostum superhero tersebut tidak bisa hanya dipandang sebagai ketidakformalan dalam suatu ujian.

Akan tetapi penggunaan kostum pahlawan super ini juga berhubungan dengan mata kuliah yang diujikan yaitu desain IV. Dimana pada mata kuliah ini sangat berhubungan kuat dengan perancangan sistem perkapalan keseluruhan.

“Sehingga sangat diperlukan jiwa kepahlawan yang kuat yaitu jiwa kerja keras dan pantang menyerah dalam merancangnya,” ungkap pria kelahiran Banyuwangi tersebut.

Dia juga mengatakan, jiwa kepahlawanan harus dikolaborasikan dengan jiwa-jiwa milenial pada diri mahasiswa masa kini.

Pihaknya mewajibkan mahasiswa mengenakan kostum superhero saat ujian sehingga ide-ide kreatif dan semangat kepahlawanan dalam diri mahasiswa bisa bernilai positif.

Halaman
12
Penulis: Samsul Arifin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved