Citizen Reporter

Keindahan Islam dalam Seni Karya 13 Seniman Indonesia di L’Institut Des Culture D’Islam Paris

Paris sebagai kota seni, menjadi jujugan bagi seniman dari mancanegara. Tidak ketinggalan para seniman Indonesia.

Keindahan Islam dalam Seni Karya 13 Seniman Indonesia di L’Institut Des Culture D’Islam Paris
Citizen Reporter
Keindahan Islam dalam Seni Karya 13 Seniman Indonesia di L’Institut Des Culture D’Islam Paris 

SURYA.co.id | PARIS - Paris sebagai kota seni, menjadi jujugan bagi seniman dari mancanegara. Tidak ketinggalan para seniman Indonesia.

Atas undangan Direktris L’Institut Des Culture D’Islam, 13 seniman Indonesia asal Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung mengadakan pameran selama September 2018 hingga Februari 2019.

L’Institut Des Culture D’Islam atau sering disebut dengan L’ICI adalah Institut Kebudayaan Islam yang didirikan pemerintah Prancis sejak 2008.

Institut yang berada di Distrik 18 Paris, bertujuan mempromosikan kultur Islam dari seluruh dunia kepada masyarakat Prancis.

Islam bukan hanya Arab, melainkan ada di Srilanka, India, juga Indonesia.

Distrik 18 Paris terkenal dengan sebutan daerah Goutte d’Or atau sering diplesetkan dengan no go zero daerah yang mayoritas warganya berasal dari Afrika Utara atau Sub-Sahara.

Begitu keluar dari stasiun metro suasana itu yang muncul. Orang serasa di benua Afrika kerena populasi masyarakat setempat yang didominasi pendatang dari benua Afrika.

Pameran dengan tema Java Art Energy ingin menghadirkan lewat tangan-tangan 13 seniman Indonesia seperti Soni Irawan, Muhammad Zico Albaiquni, Yovista Ahtajida, Mela Jaarsma, dan lainnya ingin menghapus anggapa Islam hanya sebagai agama dan kepercayaan semata. Seni Islam bukan hanya berupa kaligrafi, melainkan juga bisa hadir dalam bentuk karya seni.

Tampak dinding gedung L’ICI dihiasi dengan berbagai papan plakat penjual makanan dan jasa seperti Tambal Ban, Pos Ojek, Terima Urug, Jual Bensin, Wader, dan sebagainya yang sering ditemui di sepanjang jalan di Jawa.

Seniman Soni Irawan yang dikenal sebagai seniman Wall Street Art ini hadir dengan thema yang diusung Street Fighters.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved