Female

Pameran Batik Khas Lamongan: Motif Batik Singo Mengkok Muncul dari Proses Tradisional

Tak hanya motif legendaris Singo Mengkok, juga ditampilkan motif yang banyak ditemui di daerah Sendang Lamongan, seperti Gendagan, Petetan.

Pameran Batik Khas Lamongan: Motif Batik Singo Mengkok Muncul dari Proses Tradisional
surya.co.id/habibur rohman
SINGO MENGKOK - beberapa kain batik legendaris Sendang Lamongan dipamerkan di Geleri Paviliun House of Sampoerna Surabaya, Rabu (14/11/2018). Pameran Batik diprakarsai HoS bekerjasama dengan Kamunitas Batik Jawa Timur (Kibas) sebagai upaya pelstarian batik Singo Mengkokyang memiliki corak khas Lamongan yang kini mulai jarang diproduksi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tak hanya motif legendaris Singo Mengkok, pihaknya juga menampilkan motif yang banyak ditemui di daerah Sendang Lamongan, seperti Gendagan, Petetan, Kluwung, Grinsing, Kawung dan Sido.

Motif-motif ini tercipta dari proses tradisional dengan memakai canting untuk melukis malam di permukaan kain.

Untaian motif itu, memiliki detil yang rumit dan kecil, sehingga kesabaran serta ketelatenan dibutuhkan dalam tiap proses pembuatan batiknya.

Yang lebih penting, dari 30 koleksi batik ini, semuanya mengandung makna tentang budaya dan keharmonisan nilai hidup yang dijunjung warga Lamongan dan wajib dilestarikan.

“Pameran ini bisa memberi inspirasi untuk mengeksplorasi batik Lamongan dengan lebih detil,” urai Lintu.

Sedangkan Kabid Perdagangan Internasional Disperindag Kabupaten Lamongan, Budi Santoso menuturkan, daya tarik Lamongan bisa ditingkatkan lewat batik.

Makanya, berbagai lomba dan seminar tentang batik selalu melibatkan anak muda dan praktisi batik, sehingga hasil karya mereka akan dipakai sebagai ciri khas batik Lamongan.

“Ciri khas batik Lamongan tak hanya Singo Mengkok, tapi ada yang namanya Bandeng Lele dan motif biota laut. Ini yang akan jadi ciri khas batik Lamongan,” pungkasnya. 

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved