Citizen Reporter

Komunitas Rabo Sore Raih Anugerah Sutasoma 2018 Berkat Konsisten Geluti Kesusastraan

Perhelatan bergengsi Anugerah Sutasoma 2018 yang diadakan Balai Bahasa Jawa Timur diselenggarakan di Gedung Cak Durasim Surabaya, Selasa (17/10/2018).

Komunitas Rabo Sore Raih Anugerah Sutasoma 2018 Berkat Konsisten Geluti Kesusastraan
Citizen Reporter
Komunitas Rabo Sore Raih Anugerah Sutasoma 2018 Berkat Konsisten Geluti Kesusastraan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perhelatan bergengsi Anugerah Sutasoma 2018 yang diadakan Balai Bahasa Jawa Timur diselenggarakan di Gedung Cak Durasim Surabaya, Selasa (17/10/2018).

Penghargaan itu diberikan setiap tahun sejak 2009. Penerima Anugerah Sutasoma 2018, salah satunya diberikan untuk Komunitas Rabo Sore (KRS).

Penghargaan untuk KRS diterima Hembing Kriswanto sebagai Ketua KRS. Saat itu yang menyerahkan penghargaan adalah Arumi Bachin, istri Wakil Gubernur Jatim Terpilih 2019.

KRS terpilih dalam kategori sanggar atau komunitas sastra.

Salah satu kriteria penting yang dimiliki KRS ialah memiliki spesifikasi dalam dunia literasi dan memiliki fokus yang jelas, yaitu dalam bidang kesusastraan.

Selain konsekuen dalam bidangnya, komunitas yang bermarkas di Universitas Negeri Surabaya itu adalah komunitas independen sehingga tidak terikat secara akademik.

"Alhamdulilah, semoga dengan Anugerah Sutasoma Balai Bahasa Jawa Timur, KRS dapat berproses dan berkarya lebih baik,” tutur Hembing saat diminta memberikan kesan-pesannya setelah selesai acara.

Peran serta tetua-tetua KRS yang dengan giat mengadakan diskusi-diskusi sastra serta berbagai acara lainnya sejak 15 tahun yang lalu jugalah yang dapat membuat KRS diakui.

Komunitas yang awalnya diisi dengan diskusi itu berkembang menjadi komunitas yang bernas.

"Semoga komunitas dan pegiat sastra di Jawa Timur bersinergi membangun literasi dunia kesastraan," pesan Hembing.

Ayu Putri Ashilah
Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya
ayuputriashilah@gmail.com

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved