Berita Banyuwangi

Kominfo: Smart Kampung Membuat Masyarakat Banyuwangi Kreatif Memadukan Pariwisata dan Komunikasi

Smart Kampung merupakan merupakan program pengembangan desa terintegrasi yang memadukan antara penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kominfo: Smart Kampung Membuat Masyarakat Banyuwangi Kreatif Memadukan Pariwisata dan Komunikasi
surya.co.id/haorrahman
Septriana Tangkary dan Hageng Suryo saat berada di Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Banyuwangi telah menerapkan program Smart Kampung, yang diluncurkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, pada 2016 lalu.

Berbekal Smart Kampung yang telah diterapkan di 172 desa itu, membuat pertumbuhan ekonomi Banyuwangi kian meningkat, bahkan salah satu daerah yang pertumbuhan ekonominya tertinggi di Jawa Timur.

"Masyarakat Banyuwangi kreatif dalam mengelola pariwisata dan melakukan branding daerahnya," kata Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi, Dedy Hermawan, Rabu (14/11/2018), saat berkunjung di Banyuwangi.

Smart Kampung merupakan merupakan program pengembangan desa terintegrasi yang memadukan antara penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) hingga ke desa-desa berbasis fiber optik.

Program ini mendekatkan dan peningkatan kualitas pelayanan ke publik, kegiatan ekonomi produktif, peningkatan pendidikan-kesehatan, dan upaya pengentasan kemiskinan, serta mengelola sumber daya desanya secara efektif dan efisien.‎

Smart Kampung bekerja sama dengan Indonesia Comnets Plus (Icon Plus), dalam pemasangan fiber optic ke desa-desa.

Icon Plus merupakan anak perusahan PT PLN yang didirikan tahun 2000 bergerak di bidang telekomunikasi dan layanan komunikasi data, yang bekerja sama dengan Kementerian Komununikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan desa dering di wilayah Indonesia timur.

Smart Kampung telah dipilih Kominfo, untuk didampingi dalam penerapan konsep 'Smart City'. Kominfo memilih Banyuwangi menjadi salah satu dari 25 kabupaten/kota di Indonesia, sebagai langkah awal untuk memulai Gerakan Menuju 100 Smart City.

Kominfo telah melakukan bimbingan teknis penyusunan masterplan dan program pendampingan Smart City Banyuwangi.

Bimtek ini sebagai bentuk pendampingan penyusunan master plan. Agar bisa sinergi antara perencanaan pengembangan smart city antara pusat dan daerah.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved