Berita Tuban

Menteri ESDM Ignasius Jonan Beri Konverter Kit kepada 2.000 Nelayan di Tuban Gratis

Pemerintah berupaya penuh menyejahterakan nelayan kecil dengan memberi bantuan mesin konverter kit (pengalihan dari BBM ke gas, red) secara cuma-cuma.

Menteri ESDM Ignasius Jonan Beri Konverter Kit kepada 2.000 Nelayan di Tuban Gratis
SURYA.co.id/M.Sudarsono
Ignasius Jonan saat memberikan bantuan konverter kit kepada nelayan di Tuban. 

SURYA.co.id | TUBAN - Pemerintah berupaya penuh menyejahterakan nelayan kecil dengan memberi bantuan mesin konverter kit (pengalihan dari BBM ke gas, red) secara cuma-cuma.

Setidaknya, ada sekitar 2.000 nelayan Kabupaten Tuban di bawah 5 gross ton yang diprioritaskan mendapat konverter kit tersebut. Namun, sudah lebih dari separuh target itu terpenuhi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, terhitung tiga tahun ini pemerintah sudah memberikan 1.096 konverter kit kepada nelayan kecil, khususnya nelayan Tuban.

Baca: Datang ke Tuban, Menteri ESDM Ignasius Jonan Membagikan Konverter Kit. Ini Manfaatnya bagi Nelayan

Jumlah yang telah dicapai tersebut berlangsung dari tahun 2015 hingga 2018 sekarang.

"Hari ini kita bagikan kepada nelayan ada 200 paket, untuk total sampai sekarang sudah 1096 kita berikan," ujar Jonan kepada wartawan seusai pembagian konverter kit di Mangrove Centre Tuban, Selasa (13/11/2018).

Mantan menteri perhubungan itu menjelaskan, dengan adanya capaian tersebut, maka sekitar kurang dari separuh jumlah nelayan kecil di Tuban yang belum dapat konverter kit akan diupayakan dapat.

Detailnya, selama dua tahun ke depan nelayan di bawah 5 gross ton diusahakan bisa mendapatkan konverter yang menggunakan lpg 3 kg tersebut.

"Kita target 2020 semua nelayan Tuban di bawah 5 GT mendapat konverter kit," pungkasnya.

Jonan menambahkan, adanya peralihan dari BBM ke gas ini sangat meringankan biaya operasional nelayan. Jika biasanya nelayan menggunakan 6-7 liter solar saat melaut, maka dengan konverter kit ini hanya butuh satu tabung 3 kg bersubsidi.

"Pengakuan nelayan konverter kit ini sangat irit,  sekitar separuh iritnya," tutup Jonan.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved