Kades Dipolisikan Gara-gara Menyapa Sandiaga, BPP Jatim Sebut Ada Pihak yang Overacting

Suhartono, Kades Sampang Agung di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, dipolisikan karena diduga melakukan tindakan pidana pemilu.

Kades Dipolisikan Gara-gara Menyapa Sandiaga, BPP Jatim Sebut Ada Pihak yang Overacting
ist
Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, bertemu dengan petani bawang merah dan melakukan panen raya di Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (21/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Suhartono, Kepala Desa Sampang Agung di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, dilaporkan ke polisi karena diduga melakukan tindakan pidana pemilu. 

Suhartono diduga melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye pemilu 2019 sehingga kemungkinan melanggar pasal 490 Jo Pasal 282 UU No 7/2017 tentang Pemilu.

Atas dugaan tersebut, Suhartono dipanggil pihak Polres Mojokerto, Senin (12/11/2018) dengan berstatus sebagai saksi.

Menanggapi hal ini, Badan Pemenangan Pemilu Provinsi (BPP) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk wilayah Jatim pun angkat bicara. Hadi Dediyansah, Ketua Bidang Media dan Komunikasi BPP Jatim menyebut pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) terlalu berlebihan.

"Kelihatan sekali dari Panwas dan pihak kepolisian dalam bertindak ada sesuatu yang overacting," kata Hadi kepada Surya.co.id di Surabaya (Senin, 12/11/2018).

Ia lantas menceritakan ikhwal kejadian pertemuan yang diduga melanggar aturan kampanye itu. Ia bercerita bahwa pada tanggal 21 Oktober 2018, sekitar pukul 15.15 WIB, Sandi bersama rombongan BPP Jatim hendak mengunjungi pemandian Padusan dan warga petani bawang sajen di Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Mendengar kehadiran calon wakil Presiden pendamping Prabowo itu mau lewat, warga Desa Sampang secara spontanitas ingin bertemu Sandi.

"Mereka mencegat di jalan," kata Hadi.

Oleh karena banyaknya warga, Suhartono berniat ikut mengamankan aksi tersebut.

"Pak Kades dengan spontan menghalau warga yang hendak merapat ke Sandi dengan cara merangkul," cerita Hadi.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved