Berita Ekonomi Bisnis

Gairahkan Pasar Logistik Efisien lewat Teknologi Digital untuk Masa Depan

Penggunaan teknologi digital dalam berbagai sektor juga mendorong perusahaan logistik PT Kamdjaja Logistics untuk memanfaatkannya.

Gairahkan Pasar Logistik Efisien lewat Teknologi Digital untuk Masa Depan
surya.co.id/sri handi lestari
Dari Kiri : Ivy Kamadjaja, Deputy CEO Kamadjaja Logistics, Ivan Kamadjaja, CEO Kamadjaja Logistics dan Deden Anugrah, Vice President ICT Kamadjaja Logistics dalam kegiatan Kamadjaja Logistic Hackathon Day di Surabaya, Minggu (11/11/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Penggunaan teknologi digital dalam berbagai sektor juga mendorong perusahaan logistik PT Kamdjaja Logistics untuk memanfaatkannya sebagai upaya peningkatan pelayanan yang lebih modern. Terutama untuk mengantisipasi inefisien atau masih borosnya biaya logistik.

"Sementara logistik merupakan bagian dari tulang punggung pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Di Indonesia masih banyak enefisiensi dalam sektor logistik," kata Ivan Kamadjaja, CEO Kamadjaja Logistics di sela pelaksanaan Kamadjaja Logistics Hackathon Day di Koridor Coworking Space Gedung Siola, Surabaya, Minggu (11/11/2018).

Inefisien itu tidak hanya infrastruktur yang belum mendukung, tapi juga ditengarai masih minimnya penerapan teknologi digital di sektor logistik. Untuk itu, diperlukan terobosan baru yang out of the box yang bisa menggairahkan pasar logistik.

Saat ini, diakui Ivan, pembangunan infrastruktur oleh pemerintah dalam kurun waktu lima tahun ini cukup agresif.

Ada banyak pelabuhan dan Bandar udara yang telah dibangun dan dioperasikan. Selain itu jalan tol juga dikebut.

Namun dalam setiap moda transportasi tersebut memiliki otoritas sendiri-sendiri dan untuk menyambungkannya masih agak sulit.

“Harapan kami ego sektoral ini dihilangkan,” lanjutnya.

Faktor penyebab inefisiensi yang kedua adalah minimnya penerapan teknologi digital dalam operasional logistic. Bahkan menurutnya masih belum ada standar yang ditetapkan untuk penerapannya di sektor logistic. Padahal logistik adalah sektor yang sangat terdampak teknologi. 

“Teknologi adalah masa depan. Ini terlihat dari lima besar perusahaan di dunia pada hari ini adalah perusahaan bergerak di sektor teknologi," ungkap Ivan.

Sehingga yang menjadi pilar Kamadjaja adalah People teknologi dan proses. Ini juga yang mendasari pelaksanaan Kamadjaja Logistics Hackathon Day. Karena potensi ini masih santa besar dan siapa tahu kita dapat terobosan dari anak bangsa.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved