Smart City Jawa Timur

Jember Satu Data Jadi Inti Dasar Konsep Smart City Jember

Jember Satu Data Ini merupakan inti dasar penerapan Smart City di Jember.

Jember Satu Data Jadi Inti Dasar Konsep Smart City Jember
surya/sri wahyunik
Bupati Jember Faida 

SURYA.co.id | JEMBER - Jember Satu Data merupakan satu hal yang kerap disuarakan oleh Bupati Jember Faida. Kebijakan menyatukan data itu termasuk dalam rencana strategis di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Dareah (RPJMD).

Jember Satu Data Ini merupakan inti dasar penerapan Smart City di Jember. Faida menjelaskan ada enam prioritas Smart City yang akan dibangun oleh Pemkab Jember.

Keenamnya ditarget dikerjakan mulai tahun 2018 dan 2019. Keenamnya melingkupi aneka sektor di Kabupaten Jember.

Berikut wawancara dengan Bupati Jember Faida tentang konsep Smart City tersebut.

Apa yang menjadi prioritas konsep Smart City di Kabupaten Jember

Jember memiliki enam prioritas untuk pengembangan smart city, yakni Smart Goverment, Smart Living, Smart Society, Smart Economy, Smart Envorenmont, dan Smart Branding.

Konsep Smart Goverment seperti apa?

Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang kinerja pemerintahan. Seperti bagaimana nanti di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) ada kemudahan perizinan melalui aplikasi. Selain sejumlah aplikasi yang sudah dikembangkan, baik di sejumlah OPD juga turunan dari pemerintah pusat. Termasuk pembentukan Jember Satu Data, sehingga ada persamaan satu data apapun yang itu nantinya menjadi dasar membuat kebijakan. Bupati juga tidak perlu lama-lama ketika meminta data, cukup lima menit data sudah tersedia.

Tentang Smart Living, seperti apakah itu?

Bupati Jember itu perempuan, sehingga dalam kebijakannya selalu menyangkut perempuan dan anak, pun demikian di program prioritas enam Smart city di Jember.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved