Berita Pasuruan

Dulu Perang, kini Veteran Ikut Menyelamatkan Lingkungan

Puluhan veteran dan anggota PEPABRI Cabang Pasuruan menggelar upacara untuk memeringati Hari Pahlawan di Kampoeng Si Hijau Pancar Air, Purwosari.

Dulu Perang, kini Veteran Ikut Menyelamatkan Lingkungan
SURYA.co.id/GALIH LINTARTIKA
Dulu Perang, kini Veteran Ikut Menyelamatkan Lingkungan 

SURYA.co.id | PASURUAN - Puluhan veteran dan anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) Cabang Pasuruan menggelar upacara untuk memeringati Hari Pahlawan di Kampoeng Si Hijau Pancar Air, Purwosari, Pasuruan, Sabtu (10/11/2018).

Selepas upacara, para veteran yang pernah berjuang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI), bersama perwakilan PEPABRI, dan pegiat lingkungan melakukan penanaman pohon.

Ini bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Selain itu, ada juga pertunjukan teaterikal untuk memperingati Hari Pahlawan kali ini. Sejumlah orang mengenakan pakaian khas zaman perjuangan terlihat bertempuran habis - habisan mengusir penjajah.

Ini merupakan replika atau gambaran sekilas tentang perjuangan merebut kemerdekaan di zaman itu.

Ketua Panitia Sugiharto mengatakan, upacara , teaterikal dan penanaman pohon ini merupakan bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan yang rela bertempur sampai titik darah penghabisan demi merebut kemerdekaan untuk bangsa ini.

"Pertempuran kala itu sangat mencekam. Banyak pahlawan yang tumbang di medan perang. Nah, bagi generasi penerus bangsa wajib hukumnya ikut mengisi dan memperingati Hari Pahlawan. Makanya, kami lakukan hari ini, bentuk penghargaan dan kebanggaan kami," kata Sugiharto.

Ia menjelaskan, pihaknya memang sengaja mengundang para veteran dan angkatan bersenjata yang sudah purnawirawan dari tugasanya.

Diharapkan, para veteran dan purnawirawan bisa memberikan motivasi dan masukan kepada generasi muda sekarang.

"Memang sengaja kami undang. Kami ingin pengalaman mereka dan perjuangan mereka menjadi contoh yang baik bagi kami generasi penerus bangsa. Hidup pahlawan, kami bangga dengan heroiknya para pahlawan di zaman itu," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved