Smart City Jawa Timur

Bikin Puas Masyarakat, Pemkab Bangkalan Terus Sempurnakan Konsep Smart City

Pemkab Bangkalan terus berusaha menyempurnakan konsep Smart City untuk meningkatkan kinerja dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan

Bikin Puas Masyarakat, Pemkab Bangkalan Terus Sempurnakan Konsep Smart City
surya/ahmad faisol
Penerapan Smart City di Bangkalan 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Pemkab Bangkalan terus berusaha menyempurnakan konsep Smart City untuk meningkatkan kinerja dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan.

Berikut wawancara dengan Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, tentang Smart City Bangkalan

Sejauh mana Bangkalan sudah menerapkan konsep Smart City untuk efisiensi dan meningkatkan pelayanan?

Saat ini kami sudah mulai mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintahan. Beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kami sudah memperbaiki bahkan ada yang telah menerapkan dalam tata kelola pemerintahan.

Dalam beberapa tahun ke depan, kami memimpikan memiliki satu gedung khusus pelayanan. Baik itu pelayanan perijinan, KTP, SIM/STNK, hingga pusat informasi tentang Bangkalan. Namun saat ini kami fokus terlebih dulu dalam penataan di internal-internal OPD.

Sudahkah program Smart City terintegrasi dengan tata kelola pemerintahan sehari-sehari?

Semua OPD telah memanfaatkan jaringam internet dan lintas bidang sudah saling terhubung memgoptimalkan dalam penyusunan programnya. Namun untuk terintegrasi lintas OPD belum dimaksimalkan secara menyeluruh.

OPD apa saja yang akan menjadi prioritas mengembangkan Smart City?

Penerapan smart city sejauh ini sudah dioptimalkan di OPD-OPD strategis seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappenda).

Sedangkan OPD pelayanan yang telah menerapkan internet of thing adalah Badan Pendapan Daerah serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil).

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved