Citizen Reporter

Siswa SMP Islam Sabilillah Malang Bikin Dispenser Permen dari Sampah

Sampah merupakan barang yang tidak berharga, karena dianggap sebagai barang yang kotor serta menjijikkan.

Siswa SMP Islam Sabilillah Malang Bikin Dispenser Permen dari Sampah
Citizen Reporter
Siswa SMP Islam Sabilillah Malang Bikin Dispenser Permen dari Sampah 

SURYA.co.id | MALANG - Sampah merupakan barang yang tidak berharga, karena dianggap sebagai barang yang kotor serta menjijikkan.

Tak jarang masyarakat menjauh dan menghindar dari sampah, karena tidak ingin kotor dan bau.

Kali ini, siswa SMP Islam Sabilillah Malang menjadikan sampah sebagai bahan edukasi.

Melalui project based learning (PjBL) yang diselenggarankan sekolah, siswa memanfaatkan sampah menjadi barang yang berharga bahkan bisa laku dijual.

Ada banyak produk yang dihasilkan siswa, di antaranya perangkap tikus, dispenser permen, e-trash, kolase telor, pesawat, pembangkit listrik tenaga air, alat pengambil sampah, dan masih banyak lagi produk karya setiap kelompok.

PjBL berlangsung mulai Agustus sampai September. Siswa diberi waktu 4 jam pelajaran dalam satu minggu, yaitu setiap Rabu untuk membuat produk yang berbahan dari sampah.

Pertemuan pertama, siswa menentukan kelompok yang terdiri atas 2-4 orang, menganalisis masalah tentang sampah yang dilihat dari video, foto, maupun artikel yang terkait.

Dari analisis masalah, siswa dapat memberikan solusi. Dengan adanya solusi yang digagaskan siswa dapat memunculkan ide untuk membuat suatu produk yang berbahan dari sampah.

Setelah mendapatkan ide untuk membuat suatu produk, siswa mulai memetakan proyeknya dengan mengaitkan pada 4R, yaitu Reading, Reasoning, aRitmatic dan wRiting. Siswa menuliskan alasan yang mendasari pembuatan produk yang dibuat.

Mereka menjelaskan teknologi apa yang diaplikasikan dalam pembuatan produk, manfaat dari produk yang dibuat, teknik terapan yang digunakan dalam pembuatan produk, nilai seni dan estetika produk, perhitungan keuntungan ekonomis produk serta keunggulan produk dibandingkan dengan produk yang sudah ada.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved