Berita Jember

Tim Labfor Telah Simpulkan Penyebab Kebakaran SPBU di Jl Brawijaya Jember

Setelah melakukan investigasi, Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya akhirnya menyimpulkan penyebab kebakaran SPBU di Jember. Ini sebabnya...

Tim Labfor Telah Simpulkan Penyebab Kebakaran SPBU di Jl Brawijaya Jember
surya/sri wahyunik
Olah tempat kejadian perkara (TKP) terbakarnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 54.681.10 di Jl Brawijaya Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates, Jember, Kamis (8/11/2018). 

SURYA.co.id | JEMBER - Percikan api dari sebuah kabel di bus Jember Indah dipastikan sebagai penyebab kebakaran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 54.681.10 Jl Brawijaya, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember, Selasa (6/11/2018) malam lalu.

Hal ini diketahui setelah tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya melakukan oleh TKP di SPBU itu, Kamis (8/11/2018).

Dari pantauan Surya, tim yang bekerja sejak pukul 09.30 Wib meneliti semua tempat di area utama lokasi kebakaran. Tim terlihat mengukur jarak antara dispenser dan bangkai bus. Tim juga meneliti rekaman kamera pengintai (CCTV)

Dari video rekaman CCTV itu terlihat bus Jember indah berhenti mendadak di depan dispenser. Saat itulah bagian depan bus membentur dispenser.

Bus terlihat mundur perlahan. Ketika mundur itulah terlihat sebuah kabel ikut terseret. Kabel itu membawa api kecil.

Dan tiba-tiba api kecil itu tersambar oleh BBM dari dispenser itu. Saat BBM bertemu api kecil itu, api langsung membesar di depan bus.

Hal ini diperparah dengan semburan BBM dari arah filter dispenser, di bagian atas yang jebol.

BBM yang menjalar ke api di lantai SPBU itu berasal dari nozel yang terjatuh akibat benturan bus.

Saat nozel terlepas dari tempatnya, maka aliran BBM terbuka. Kala itulah api langsung membesar.

Melihat cepatnya api membesar, menjadi penyebab tidak sempatnya sopir bus Iswanto menyelamatkan diri.

"Percikan api itu dari kabel lampu bus, setelah bus menabrak dispenser," terang Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo kepada Surya, Kamis (8/11/2018).

Usai benturan itu, bumper bus terlepas. Bagian depan kiri bus rusak, termasuk lampu kiri depan. Kabel lampu itulah yang terlepas dan memercikkan api.

Kebakaran itu membuat kerusakan satu SPBU, satu unit bus patas trayek Jember - Surabaya milik PO Jember Indah, dan satu orang meninggal dunia. Kerugian dalam peristiwa itu ditaksir mencapai Rp 2 miliar.

Baca: Satu Orang Meninggal Dunia Akibat Kebakaran SPBU di Jember

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved