Berita Kota Batu

Terjunkan Satpol PP, Pemkot Batu Akan Beri Denda Besar Untuk Pembuang Sampah Sembarangan

Pemkot Batu akan memberikan sanksi berat untuk siapa saja yang ketahuan buang sampah sembarangan di sana. Apa itu?

Terjunkan Satpol PP, Pemkot Batu Akan Beri Denda Besar Untuk Pembuang Sampah Sembarangan
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
ilustrasi sampah di sungai 

SURYA.co.id | MALANG - Pemkot Batu sudah geram dengan masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan, terutama di sungai.

Oleh karena itu Pemkot Batu melalui Satpol PP bakal menindak siapa saja yang buang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arief As Siddiq mengatakan pihaknya harus menindak siapa saja yang membuang sampah sembarangan, karena hak itupun diatur dalam Perda no 2 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah di Kota Batu.

Dikatakannya, tim Satpol PP akan rutin melakukan operasi di beberapa titik yang jadi sasaran.

"Titik-titiknya nanti ada di sungai, lalu tempat umum seperti alun-alun Batu, terutama yang sering jadi tempat pembuangan sampah," kata Arief saat ditemui, Kamis (8/11).

Aksi ini juga didukung dari RT/RW setempat. Arief menegaskan kalau ini juga masih akan disosialisasikan terkait Perda larangan membuang sampah sembarangan.

"Secepatnya minggu ini kami sudah berlakukan, bekerja sama dengan Satpol PP. Nah untuk penindakan ini masih kami rundingkan, apakah langsung ditindak ditempat atau diberi peringatan. Yang jelas dalam perda itu sudah jelas ada dendanya yaitu minimal 15 juta," ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan diberlakukannya Perda ini, masyarakat Batu sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.

Ia meyakini aksi ini tidak sekadar rencana, karena sudah harus diterapkan di Kota Batu untuk mewujudkan Kota Batu yang bersih.

Arief mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Ia pun mengaku geram karena masih saja ada masyarakat yang membuang sampah di sungai. Seperti beberapa waktu lalu ada yang membuang bangkai ayam ke sungai.

"Dibuangnya itu di sungai di aliran Brantas, ya kan akan mencemari lingkungan. Makanya itu kami perlu adanya tindak tegas," pungkasnya.

Sekretaris Satpol PP Batu, M. Adhiem mengatakan aksi ini memang sangat bagus dan bisa menggugah kesadaran masyarakat agar selalu menjaga kebersihan di Kota. Namun ia ingin kalau sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tahu terkait hal ini.

"Ini memang bagus dan tim kami Satpol PP siap turun ke lapangan. Tetapi untuk penindakan kami perlu adanya pendampingan juga dari dinas, karena menyesuaikan dengan Perda yang ada," kata Adhiem.

Selain itu, ia juga mengusulkan pemasangan pengumuman terkait adanya larangan ini. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved