Berita Batu

Ratusan Warga Makan Bareng di Festival Sego Empok Kota Batu, Krisdayanti Rindu Mendol

Ratusan warga berkumpul di Balai Kota Among Tani dan menikmatin makanan Sego Empok, Kamis (8/11/2018).

Ratusan Warga Makan Bareng di Festival Sego Empok Kota Batu, Krisdayanti Rindu Mendol
surya.co.id/hayu yudha prabowo
FESTIVAL SEGO EMPOG - Penyanyi asli Kota Batu, Krisdayanti bersama Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso dalam Festival Sego Empog di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (8/11/2018). Festival Sego Empok yang digelar TP PKK Kota Batu meliputi cipta menu dan makan bareng ini diselenggarakan untuk mempopulerkan kembali kuliner khas Kota Batu. 

SURYA.co.id | BATU -  Ratusan warga berkumpul di Balai Kota Among Tani dan menikmatin makanan Sego Empok, Kamis (8/11/2018).

Sego empok yang disuguhkan ada 28 tumpeng Sego Empok. Lengkap dengan lauk pauk seperti rempelo ati, sayur urap-urap, mendoan, dadar jagung, tempe, rempeyek sayur lodeh, mendol. Warga diberi secara gratis tumpeng sego empok itu.

Mereka pun memakan dan berbaur jadi satu bersama Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu Dewanti dan yang membuat warga antusias ada diva Indonesia, Krisdayanti.

Krisdayanti pun seketika digeromboli oleh ibu-ibu saat makan bersama. Dia sangat menikmati memakan sego empok bersama warga Kota Batu.

Yanti, panggilan akrabnya, mengaku sangat merindukan sego empok.

"Wah seru sekali, saya sangat mendukung kegiatan ini. Mulai dari lahir saya di Kota Batu, makanan sehari-hari saya ya sego empok. Yang membuat rindu ini ialah mendol," ungkapnya.

Ia juga sangat mendukung tumbuh berkembangnya budaya daerah. Menurutnya, kegiatan tersebut harus diciptakan dan dijaga kelestariannya.

"Saya kaget dengan adanya festival Sego Empok ini.  Bahkan dengan sangat kekinian Sego Empok bisa dimodifikasi. Mengingat menu tradisional ini sudah ada sejak saya lahir," ungkapnya.

Ia berharap, menu tradisional Sego Empok dengan berbagai kreasinya bisa masuk dalam hotel bintang lima. Dengan begitu menu tradisional bisa menjadi salah satu menu khas yang juga ditawarkan di hotel-hotel Kota Batu.

Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri Santoso mengatakan dalam kegiatan ini sego empok yang dimakan ini sebelumnya dihias terlebih dahulu. Sego empok yang ditempatkan di atas tempeh, kemudian dihias sedemikan cantik di jajar berbaris rapi sebelum dinilai oleh para juri.

Ia menjelaskan, Sego Empok menjadi tradisi wajib bagi Pemkot Batu dalam menjamu tamu-tamunya yang datang dari luar kota. Di mana hal tersebut diharapnya mencari ciri khas Kota Batu karena masih erat dengan makanan tradisional berbahan hasil bumi masyarakat Kota Batu.

"Festival ini, mulai pembuatan hingga menikmati dilakukan bersama. Yang mana hal tersebut menunjukkan rasa kebersamaan dan gotong royong yang masih dipegang erat oleh masyarakat Kota Batu," paparnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved