Peringatan Hari Pahlawan

November di Kota Surabaya, 4 Acara Seru Sambut Hari Pahlawan, sayang untuk Dilewatkan

Surabaya Membara adalah salah satu agenda Surabaya yang sudah pasti hadir setiap tahunnya.

November di Kota Surabaya, 4 Acara Seru Sambut Hari Pahlawan, sayang untuk Dilewatkan
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Arak-arakan mobil Parade Juang tahun kemarin. 

SURYA.co.id | SURABAYA - November menjadi salah satu bulan sakral bagi Surabaya, sebagai Kota Pahlawan. Ini karena di bulan November banyak catatan sejarah pergolakan pribumi melawan upaya penjajah yang menguasai kembali Kemerdekaan Indonesia.

Untuk memperingati hari Pahlawan ada berbagai rangkaian acara menarik di Surabaya yang sayang dilewatkan. Semua acara disuguhkan menarik dan gratis, cocok untuk berwisata. Berikut empat acara peringatan Hari Pahlawan di Surabaya:

1. Surabaya Membara

Surabaya Membara adalah salah satu agenda Surabaya yang sudah pasti hadir setiap tahunnya. Acara ini berlangsung besok, Jumat (9/11/2018), di sepanjang Jalan Pahlawan (Tugu Pahlawan).

Acara berlangsung malam hari, pukul 19.00 WIB sampai selesai. Surabaya Membara menampilkan drama kolosal perlawanan arek Suroboyo terhadap para penjajah. Setiap tahunnya, tokoh pahlawan yang diangkat pun berbeda.

Uniknya dalam drama kolosal Surabaya membara, selalu melibatkan masyarakat sekitar yang berdandan ala zaman dulu. Ada yang membawa geledekan rumput dari kayu, becak, membuat bambu runcing dan masih banyak properti khas jaman dulu yang mereka bawa secara pribadi.

Selain warga sekitar, Surabaya Membara melibatkan mahasiswa, dan TNI. Tak usah heran, jika saat menyaksikan Surabaya Membara Anda akan melihat barisan tank anoa, letusan senjata, dan properti lain yang mirip perang sesungguhnya.

2. Upacara Hari Pahlawan

10 November, selalu menjadi agenda rutin upacara Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya. Acara ini dihadiri para pejabat Pemerintah Kota Surabaya juga para Veteran. Seluruh masyarakat Surabaya juga boleh ikut hadir dalam upacara, karena terbuka untuk siapa pun.

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2018 nanti rencananya dipimpin langsungWali Kota Surabaya Tri Rismaharini sepulang dari kunjungan kerjanya di Madrid.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved