Berita Surabaya

UK Petra Jadi Tuan Rumah Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018

Universitas Kristen (UK) Petra, Surabaya tahun ini menjadi tuan rumah gelaran internasional yang ke-17 Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018.

UK Petra Jadi Tuan Rumah Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018
tribun jatim/samsul arifin
Rektor UK Petra, Surabaya, Prof Dr Djwantoro Hardjito saat memberikan cenderamata kepada Sekjen Kemenristekdikti, Prof Ainun Naim (kanan) di sela acara Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018 di Gedung P2, Rabu (7/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

SURYA.co.id | SURABAYA - Universitas Kristen (UK) Petra, Surabaya tahun ini menjadi tuan rumah gelaran internasional yang ke-17 Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018.

AUPF 2018 merupakan forum berkumpulnya para pimpinan pendidikan tinggi di Asia guna bertukar wawasan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi serta meningkatkan relasi bilateral antar pendidikan di wilayah Asia.

Rektor UK Petra, Prof Dr Djwantoro Hardjito menyebutkan, sejak terbentuknya forum ini pada tahun 2002 silam, persoalan seputar tantangan pendidikan selalu menjadi pokok bahasan utama.

“Karena kami merasa sangat penting dalam memperluas wawasan dan jaringan menghadapi segala perubahan dari industri terutama pendidikan,” ujarnya, Rabu, (7/11/2018).

Dia juga menyinggung terkait sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Menurutnya, sistem saat ini sangat ketat. Sedangkan saat ini industri kreatif lebih banyak diminati.

“Seperti membuka prodi syaratnya pun susah sekali. Padahal perubahan cepat sekali. Namun, saat ini sudah mulai terbuka sehingga ada flexibilitas,” ungkapnya.

Nantinya, hasil dari AUPF 2018 ini akan membuka Workshop Asian Faculty. “Workshop ini nantinya diikuti para dosen untuk meningkatkan kapasitas dengan universitas lainnya, karena tantangan di era mendatang sangatlah besar,” tandasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI, Prof Ainun Naim turut hadir dalam ajang ini.

Dia menuturkan, dalam forum Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018,  perlu dibangun kerjasama antar universitas.

“Sebagian bahkan sudah menjalankan kerjasama antar universitas antar negara,” terangnya.

Kerjasama yang dimaksud antara lain ihwal pertukaran pelajar untuk mengambil mata kuliah di berbagai universitas tersebut. Bahkan, mengembangkan join program.

“Kami dari kementerian melihantanya bagus untuk meningkatkan eksposur akademi kita pada isu-isu internasional. Juga, standarisasi internasional,” ujarnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved