Berita Malang Raya

UM Siapkan 2 Mobil Berbahan Bakar Etanol Untuk Kontes Mobil Hemat Energi

Mahasiswa Universitas Negeri Malang mempersiapkan 2 unit mobil berbahan bakar etanol untuk dilombakan di ajang kontes mobil hemat energi.

UM Siapkan 2 Mobil Berbahan Bakar Etanol Untuk Kontes Mobil Hemat Energi
surabaya.tribunnews.com/erwin wicaksono
Mobil hemat energi jenis Urban Concept bernama Akasa saat melakukan latihan uji coba di halaman Stadion Kanjuruhan, Selasa (6/11/2018). 

SURYA.co.id | MALANG - Dua unit mobil hemat energi yang diciptakan oleh mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM), sedang dipersiapkan untuk mengikuti  Kontes Mobil Hemat Energi ( KMHE) di Universitas Negeri Padang pada 27 November 2018 mendatang.

Dua unit mobil tersebut, Selasa (6/11/2018) diujicoba di stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang. 

Yoki Setyawan, ketua Tim Mobil Hemat "Semeru" mengatakan, terdapat dua jenis yang sedang dipakai untuk berlatih sore itu. Ada jenis roda empat Urban Concept yang diberi nama Akasa dan jenis roda dua Prototype bernama Jenggolo.

Kendaraan tersebut menggunakan bahan  bakar etanol. 

"Latian sore hari ini untuk memantapkan performa mesin, persiapan untuk ikut lomba Kontes Mobil Hemat Energi di Padang mendatang," terang Yoki.

Yoki menuturkan, timnya optimistis dua mobil yang akan terjun ke kontes bergengsi tersebut dapat berbicara banyak dan mendapat prestasi.

"Ini menjadi istimewa bagi kami karena kompetisi di Padang nanti kami target bisa dapat berbicara banyak, dapat nomor prestasi," ungkapnya.

Dia melanjutkan, mobil yang akan dilombakan ini menggunakan bahan bakar etanol yang dihasilkan oleh fermentasi gula oleh ragi.

Jenis etanol yang digunakan adalah yang berkadar 95 - 96 persen dengan harga Rp 20 per liter. Alasan mereka memilih kadar tersebut karena secara harga lebih terjangkau daripada 99,9 persen yang dihargai Rp 250-450 per liter.

Agar bisa dikonsumsi kendaraan timnya, Yoki menjelaskan dilakukan modifikasi pada mesin terlebih dahulu.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved