Citizen Reporter

Tim Green Education dan Tunas Hijau Al Muslim : Ini Kondisi Sungai Kami di Sidoarjo

Wajah lelah Bebi hilang ketika ia berhasil mendapatkan data saat pengamatan sungai.

Tim Green Education dan Tunas Hijau Al Muslim : Ini Kondisi Sungai Kami di Sidoarjo
Citizen Reporter
Tim Green Education dan Tunas Hijau Al Muslim : Ini Kondisi Sungai Kami di Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Wajah lelah Bebi hilang ketika ia berhasil mendapatkan data saat pengamatan sungai.

Ia mengamati kondisi sungai, Sabtu (13/10/2018) bersama teman sekelas dengan didampingi Zaky dan Fitri, guru kelasnya, Tim Green Education, dan dua personel Tunas Hijau.

“Seru!” teriak Bebi Al, siswa kelas IV al Kindi SD Al Muslim sepulang dari lokasi sekitar sungai Desa Berbek, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Hal senada diungkapkan Nadhif, siswa kelas IV Ibnu Rusydi yang bertugas mengamati kondisi sungai di Dusun Gedongan, Desa Wadung Asri, Kecamatan Waru.

Terdapat enam kelas dengan jumlah siswa 122 yang tersebar di enam titik sungai di Kecamatan Waru, yaitu di Berbek, Gedongan, Kepuh Kiriman, Tambak Sumur, Tambak Sari, dan Tambak Rejo.

Zaim, salah satu pendamping yang mengawal di sungai Desa Berbek mengatakan, mereka mengadopsi model pembelajaran tipe jigsaw. Siswa dibagi menjadi kelompok asal dan kelompok ahli.

“Kelompok asal adalah kelompok sesuai dengan kelas, sementara kelompok ahli adalah kelompok Sampah, Energi, Kehati, Makanan (Sekam),” papar Zaim.

Wajah mereka tampak lelah, namun tersimpan rasa penasaran dan ingin segera mendiskusikan hasil penemuannya dengan kelompok Sekam.

Bukan hanya itu, mereka juga tidak sabar menunggu tibanya waktu pukul 19.00, karena pada saat itu mereka akan membagi penemuannya dengan Jepang dan Australia.

Beberapa indikator yang mereka amati pada setiap titik/desa meliputi bau sungai, aliran sungai, warna air sungai, keberadaan sampah di sungai, kepedulian masyarakat terhadap habitat sungai, dan penyusun ekosistem sungai.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved