Rumah Politik Jatim

Pengamat UB, Wawan Sobari : Dulu Gus Ipul Didukung para Kiai Besar Jatim, tapi Kalah dari Khofifah

Suara pemilih di Jawa Timur menjadi rebutan bagi kedua pasangan calon Pilpres 2019.

Pengamat UB, Wawan Sobari : Dulu Gus Ipul Didukung para Kiai Besar Jatim, tapi Kalah dari Khofifah
SURYA.co.id/Aqwamit Torik
pengamat politik dari Universitas Brawijaya Malang, Wawan Sobari. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Suara pemilih di Jawa Timur menjadi rebutan bagi kedua pasangan calon Pilpres 2019.

Pasangan Jokowi- KH Maruf Amin ingin menang di Jawa Timur hingga 70 persen.

Baca: BREAKING NEWS - Mobil Boks Terbakar di Jalan Jemursari Surabaya

Namun, di sisi lain pasangan Prabowo-Sandi ingin menambal defisit suaranya di Pilpres 2014 lalu, dan pada Pilpres 2019 ini bisa menang di Jawa Timur berapa pun hasilnya.

Melihat keinginan kedua pasangan calon, pengamat politik dari Universitas Brawijaya ( UB) Malang, Wawan Sobari mengatakan masih sangat dini untuk memprediksi siapa yang bisa memikat hati masyarakat Jawa Timur.

Apalagi, Jawa Timur yang kental dengan budaya pesantren juga mengalami dinamika dalam perpolitikan.

"Menurut saya, itu tidak begitu mudah, karena Jatim sudah lama jadi basis PKB, bahkan menjadi lumbung dari PKB," kata Wawan Sobari, Selasa (6/11/2018).

"Sementara, PKB mendukung koalisi jokowi. Selain itu, saat ini juga baru tahap awal, pemilu masih lima bulan lagi. Sementara Jokowi belum turun (kampanye) di Jatim," tambahnya.

Wawan juga melihat dari survei terbaru yang dirilis oleh LSI Denny JA, Prabowo kalah 80 persen di 10 wilayah propinsi yang paling banyak jumlah penduduknya.

"Menurut saya, klaim itu juga terlalu dini, karena Jokowi juga belum bisa memastikan bahwa dia akan menang di Jatim," jelas Wawan.

Jika dilihat dari Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla saat itu memang punya pengalaman lebih karena berhasil menang di Jawa Timur.

Namun, dinamika politik di pesantren juga saat ini tidak mudah untuk diprediksi.

Seperti yang diketahui, kedua pasangan calon presiden juga saling berlomba-lomba berkunjung di pesantren untuk mendapat simpati.

Melihat peta hasil Pilgub Jatim 2018, Wawan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul yang didukung bahkan direkomendasikan langsung oleh para kiai besar Jawa Timur juga kalah dari Khofifah.

"Apakah Prabowo-Sandi akan menang tanpa restu dari partai yang menang di Jatim tapi ingin menang, menurut saya itu sulit dipastikan, karena politik santri terus berubah," pungkasnya. (Aqwamit Torik)

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved